alexametrics

Malaysia Mulai Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19

Dythia Novianty
Malaysia Mulai Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Elements Envato)

Malaysia mulai menguji klinis fase 3 dari kandidat vaksin Covid-19 bersama China.

Suara.com - Malaysia mulai menguji klinis fase 3 dari kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Institute of Medical Biology of the Chinese Academy of Medical Sciences (IMBCAMS).

Inisiatif tersebut merupakan kolaborasi antara pemerintah Malaysia dan China untuk menghasilkan data ilmiah dalam pengembangan kandidat vaksin.

"Gunanya untuk mengevaluasi keamanan dan kemanjurannya terhadap infeksi Covid-19," kata Kementerian Kesehatan Malaysia, dilansir laman Xinhua, Kamis (28/1/2021).

Uji coba akan melibatkan sembilan rumah sakit pemerintah di seluruh Malaysia dan 3.000 sukarelawan selama 13 bulan.

Baca Juga: 3 Nakes Kab Tangerang Demam Usai Divaksin Covid-19, Jubir: Faktor Imunitas

Ilustrasi virus covid 19. Di Sumsel, dua daerah masih ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus ini.
Ilustrasi virus covid 19. [Shutterstock]

Menteri Kesehatan Malaysia Adham Baba mengatakan, Malaysia sangat senang bisa bekerja sama dengan China, melalui IMBCAMS dalam berkontribusi dalam pencarian bukti ilmiah dalam pengembangan vaksin.

“Dengan regulasi yang kuat, peneliti bersertifikat, dan lokasi penelitian berpengalaman, kami yakin dapat menghasilkan bukti ilmiah yang berkualitas untuk mendukung vaksin penelitian,” ujarnya.

Sementara itu, Che Yanchun, kepala Departemen Litbang, Institut Ilmu Kedokteran China, Akademi Ilmu Kedokteran, mengatakan, Malaysia telah dipilih sebagai negara pertama di luar China yang berpartisipasi dalam uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 yang akan dilakukan, juga terjadi di negara lain.

“Saya sangat berharap uji klinis fase 3 di Malaysia sukses dan memenuhi tujuan uji klinis. Tentunya Malaysia juga mendapatkan manfaat dari uji coba ini,” kata Che.

Baca Juga: Vaksinasi Mulai Bulan Depan, Thailand Laporkan Kenaikan Penularan Lokal

Komentar