alexametrics

Disebut Keajaiban, Anak Anjing Ini Lahir dengan 6 Kaki dan 2 Ekor

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Disebut Keajaiban, Anak Anjing Ini Lahir dengan 6 Kaki dan 2 Ekor
Anak anjing. [Elena Mozhvilo/Unsplash]

Skipper mungkin anjing pertama yang lahir dan hidup dengan kondisi bawaan tertentu.

Suara.com - Seekor anak anjing yang baru lahir dilaporkan memiliki enam kaki dan dua ekor. Keadaannya yang unik itu disebut oleh para petugas rumah sakit sebagai keajaiban.

Diberi nama Skipper, dokter hewan yang membantu anak anjing tersebut mengatakan bahwa Skipper mungkin anjing pertama yang lahir dan hidup dengan kondisi bawaan tertentu.

"Ini adalah keajaiban bernama Skipper. Dia telah bertahan hidup lebih lama dari yang kami duga pada anjing lain mana pun dengan kombinasi kondisi bawaannya," tulis petugas medis di Rumah Sakit Hewan Neel, Oklahoma, pada unggahan di Facebook.

Skipper adalah campuran antara border collie dan anjing gembala Australia. Menurut laporan, Skipper adalah salah satu dari sembilan anak anjing yang lahir pada 16 Februari.

Baca Juga: Fosil Anak Anjing Berusia 2.000 Tahun Terkubur dengan Kerangka Balita

Dokter hewan mendiagnosis Skipper dengan dua kelainan bawaan yang disebut monocephalus dipygus dan monocephalus rachipagus dibrachius tetrapus.

Secara singkat, Skipper memiliki satu rongga kepala dan dada tetapi dua daerah panggul, dua saluran kemih bagian bawah, dua sistem reproduksi, dua ekor, dan enam kaki.

Anak anjing lahir dengan kaki enam. [Facebook]
Anak anjing lahir dengan kaki enam. [Facebook]

"Kemungkinan Skipper adalah bagian dari kembaran di dalam rahim dan ketika telur yang telah dibuahi mencoba untuk membelah, telur itu tidak sepenuhnya terpisah," kata Dr. Tina Neel, pemilik Rumah Sakit Hewan Neel, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (25/2/2021).

Tak hanya itu, Skipper juga memiliki tanda-tanda spina bifida, yaitu cacat lahir di mana tulang belakang tidak menutup dengan baik selama perkembangannya.

Meski lahir dengan kondisi langka, Skipper tampak sehat. Dokter mengatakan bahwa organnya dalam kondisi sangat baik, semua kakinya bergerak, dan merespons rangsangan seperti anak anjing normal.

Baca Juga: Langka! Anak Anjing Lahir Berbulu Hijau

Walau begitu, Skipper mungkin memerlukan terapi fisik dan bantuan mobilitas seiring bertambahnya usia.

Para ahli di rumah sakit akan terus meneliti kondisinya, memantau perkembangannya selama pemeriksaan ulang, dan membantu menjaga Skipper bebas dari rasa sakit dan nyaman selama sisa hidupnya.

Komentar