alexametrics

Penjelajah Mars Baru NASA Ternyata Gunakan Prosesor iMac 1998

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Penjelajah Mars Baru NASA Ternyata Gunakan Prosesor iMac 1998
Perseverance di planet Mars. [NASA]

Ini adalah jenis prosesor yang sama yang juga digunakan NASA dalam penjelajah sebelumnya, Curiosity.

Suara.com - Meski menjadi mesin paling canggih mendarat di Planet Merah saat ini, ternyata Penjelajah baru NASA, Perseverance diotaki oleh PowerPC 750, prosesor inti tunggal dengan enam juta transistor yang pernah digunakan di iMac dari 1998.

Ini adalah jenis prosesor yang sama yang juga digunakan NASA dalam penjelajah sebelumnya, Curiosity.

NASA sebenarnya bisa menggunakan chip yang lebih canggih seperti CPU Intel Core i9-10900K senilai 500 dolar AS, mengingat anggaran dana untuk membuat Perseverance mencapai 2,7 miliar dolar AS.

Namun, menurut New Scientist, chip canggih semacam itu memiliki kerugian karena akan dirusak oleh kondisi lingkungan di Mars.

Baca Juga: NASA Namai Situs Pendaratan Perseverance dari Nama Penulis, Ini Alasannya

Itu karena atmosfer Mars memiliki perlindungan yang jauh lebih sedikit dari radiasi berbahaya dan partikel bermuatan daripada atmosfer Bumi.

Semburan radiasi yang buruk dapat merusak perangkat elektronik sensitif dari prosesor modern dan semakin kompleks chipnya, maka semakin banyak kesalahan yang bisa terjadi.

iMac 1998. [Wikipedia]
iMac 1998. [Wikipedia]

Selain itu, mengingat jarak Mars yang sangat jauh, NASA tidak bisa begitu saja menukar prosesor jika terjadi sesuatu di luar rencana.

Karena kondisi tersebut, Perseverance sebenarnya memiliki dua modul komputasi, salah satunya digunakan sebagai cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.

Untuk membuat sistem lebih tahan lama, chip PowerPC 750 di Perseverance sedikit berbeda dari yang digunakan di iMac lawas.

Baca Juga: Pantau Suhu Mars, Perseverance Mulai Kerahkan Sensor Angin

Secara teknis itu adalah chip RAD750, varian khusus yang tahan terhadap radiasi dan harganya mencapai 200.000 dolar AS.

Komentar