alexametrics

Sst... Ada Kode Rahasia di Parasut Penjelajah Mars, Apa Itu?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Sst... Ada Kode Rahasia di Parasut Penjelajah Mars, Apa Itu?
Perseverance di planet Mars. [NASA]

Garis-garis memancar dari pusat parasut dalam roda lingkaran konsentris yang tampak acak itu, sebenarnya mengeja pesan ditulis dalam kode komputer biner.

Suara.com - Penjelajah Mars terbaru NASA, Perseverance, berhasil mendarat di Planet Merah pada 18 Februari. Ketika penjelajah mengerahkan parasutnya selama proses pendaratan, itu menunjukkan kode rahasia dengan garis-garis merah putih di langit.

Para ilmuwan NASA kemudian mengonfirmasi kode rahasia tersebut dalam konferensi pers, Senin (22/2/2021).

Menurut Adam Steltzner, kepala teknisi Perseverance mengungkapkan lewat akun Twitter resminya @steltzner bahwa garis-garis memancar dari pusat parasut dalam roda lingkaran konsentris yang tampak acak itu, sebenarnya mengeja pesan ditulis dalam kode komputer biner.

Setiap untaian garis merah putih mewakili satu huruf dan ketika dibaca searah jarum jam dari cincin parasut terdalam ke cincin terluar, huruf berkode itu akan menyusun pesan yang berbunyi, "Dare mighty things."

Baca Juga: Penjelajah Perseverance Kirim Gambar Panorama dan Suara Pertama Mars

Kode rahasia di parasut Perseverance. [Twitter]
Kode rahasia di parasut Perseverance. [Twitter]

Frasa tersebut tidak terdengar asing karena pesan yang sama tertulis di dinding markas Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California, dan telah menjadi moto lab selama bertahun-tahun.

Pada bagian cincin terluar parasut juga berisi satu set koordinat 34°11'58" N by 118°10'31" W yang menunjukkan lokasi kantor pusat JPL California.

Sebelumnya, dalam konferensi pers pada Senin, Allen Chen, insinyur sistem utama untuk entri, penurunan, dan pendaratan Perseverance, menantang publik untuk menemukan pesan rahasia tersebut.

"Terkadang kami meninggalkan pesan dalam pekerjaan kami agar orang lain menemukannya untuk tujuan itu, jadi kami mengundang Anda semua untuk mencobanya," kata Chen, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (25/2/2021).

Meski begitu, para detektif internet yang menerima tantangan tersebut mampu memecah kode rahasia itu dalam waktu enam jam setelah mempelajarinya.

Baca Juga: Deretan Hal Aneh Dibawa Perseverance NASA ke Mars

Chen menambahkan bahwa kemungkinan ada lebih banyak kode dan pesan rahasia yang disembunyikan di dalam Perseverance, yang sebagian besar bahkan tidak akan pernah diketahui oleh Chen sendiri.