alexametrics

Awas! Iklan Berbahaya Clubhouse versi PC Beredar di Facebook

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Awas! Iklan Berbahaya Clubhouse versi PC Beredar di Facebook
Clubhouse. [Erin Kwon/Unsplash]

Sebuah iklan berisi aplikasi Clubhouse versi PC dilaporkan telah beredar di Facebook.

Suara.com - Sebuah iklan berisi aplikasi Clubhouse versi PC dilaporkan telah beredar di Facebook. Nyatanya, aplikasi ini merupakan versi palsu dan berisi malware berbahaya.

Saat diklik, aplikasi Clubhouse bodong ini akan terlihat seolah berkomunikasi dengan control server untuk mendapatkan instruksi yang harus dilakukan selanjutnya.

Kemudian, aplikasi tersebut akan membawa malware yang mencoba menginfeksi PC pengguna dengan ransomware.

Diwartakan Techcrunch, Minggu (11/4/2021), diketahui aplikasi Clubhouse palsu ini berasal dari Rusia. Untungnya, situs tersebut sudah berubah status menjadi offline.

Baca Juga: Facebook Buat Aplikasi Tanya Jawab Mirip Clubhouse dan Instagram Live

Dengan demikian, malware berbahaya yang berasal dari aplikasi palsu ini juga sudah tidak berfungsi dan tidak melakukan apa-apa lagi.

Iklan yang beredar di halaman Facebook tersebut juga hanya disukai oleh sedikit orang, namun laman masih tetap aktif dan melakukan publikasi konten.

Ilustrasi Facebook. [Kon Karampelas/Unsplash]
Ilustrasi Facebook. [Kon Karampelas/Unsplash]

Facebook telah menghapus iklan palsu ini dari aplikasinya. Akan tetapi, mereka tidak memberitahu berapa banyak pengguna yang sudah mengklik iklan yang mengarah ke situs Clubhouse palsu tersebut.

Sebagaimana diketahui, Clubhouse sampai saat ini hanya masih tersedia untuk pengguna iOS. Kepopuleran Clubhouse menjadikannya sebagai aplikasi yang telah diunduh lebih dari 8 juta kali di seluruh dunia.

Perusahaan juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka siap membuat aplikasi untuk pengguna Android, namun belum diketahui tanggal pastinya.

Baca Juga: Twitter Ternyata Sempat Ingin Beli Clubhouse

Komentar