alexametrics

Lewat Twitter, Warganet Indonesia Minta Maaf ke Pasangan Gay Thailand

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Lewat Twitter, Warganet Indonesia Minta Maaf ke Pasangan Gay Thailand
Logo Twitter. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Pasangan gay Thailand menikah dan mendapat ancaman pembunuhan dari warganet Indonesia. Pecahlah keributan.

Suara.com - Warganet Indonesia ramai-ramai meminta maaf ke pasangan gay Thailand yang baru-baru ini dihujat, dihakimi, dan bahkan diancam akan dibunuh di oleh para pengguna Facebook Indonesia.

Tagar #indonesiasaysorryforthailand, seperti yang dipantau Suara.com dari Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/3/2021), sudah dicuitkan lebih dari 81.000 kali di Twitter. Di daftar trending topic Twitter Indonesia, tagar ini hingga Rabu sore masih berada di urutan pertama.

Tagar ini mencuat setelah ada salah satu pengguna TikTok yang menceritakan nasib adiknya ketika bekerja di Thailand. Komentar yang diunggah ke Twitter tersebut menjelaskan bahwa adik laki-lakinya dipulangkan paksa dari pekerjaannya di Thailand

"Adek cowok gua dipulangi paksa sama boss di kantornya. Adek gua sampai nangis sesenggukan karena pekerjannya hilang karena kesalahan netizen Indonesia," tulis pengguna TikTok yang difoto dan diunggah kembali di Twitter.

Baca Juga: Sempat Dihujat Netizen Indonesia, Pasangan Gay Thailand Akhirnya Buka Suara

Kisah dari TikTok ini, yang belum dapat diperiksa atau dipastikan kebenarannya, lantas disambut kecaman di Twitter. Pengguna Twitter Indonesia mengaku malu dan kesal dengan kelakuan warganet Indonesia yang menghujat dan mengancam akan membunuh pasangan gay Thailand tersebut.

"Gue pernah nonton film tentang lgbt gitu, terus ada percakapan gini, 'ga ada agama yang membenarkan tentang lgbt, tapi ga ada juga agama yang nyuruh kita buat membenci atau menghina tentang ini.' So please respect each other. #ApologizetoThailand #Indonesiasaysorryforthailand" tulis pemilik akun @bbynbear.

"Indonesian netizens what's wrong with you? Itu negara orang, kenapa kalian yang ngurusin? Why?" tulis orang di balik akun @Din_exol.

Keributan yang melibatkan warganet Indonesia dan Thailand ini berawal ketika sepasang kekasih di Thailand menikah dan menunggah foto pernikahan mereka di Facebook pada 4 April lalu. Pasangan yang terdiri dari dua lelaki ini menikah secara sah di negara mereka sendiri.

Entah mengapa unggahan kebahagiaan pasangan gay Thailand itu menarik perhatian warganet Indonesia yang segera menumpahkan hujatan, caci-maki, penghakiman, dan bahkan ancaman pembunuhan di kolom komentar.

Baca Juga: Warganet Indonesia Ancam Bunuh Pasangan Gay Thailand yang Kawin di Thailand

Menurut salah satu pasangan itu, Suriya Koedsang, akun Facebooknya selama tiga hari berturut-turut diserbu oleh warganet Indonesia yang menuliskan kata-kata tidak senonoh. Mereka rata-rata menulis bahwa homoseksual dilarang oleh Tuhan dan akan mendatangkan azab.

Komentar-komentar itu kemudian dibalas oleh warga Thailand dan tak lama, kolom komentar Suriya pun berisi konten-konten kebencian antar negara, penghinaan atas orientasi seksual, dan penghinaan terhadap agama tertentu.

"Kami menikah di rumah kami yang nyaman bersama keluarga, di tempat saya sendiri, di negara saya, lalu apa yang salah dengan Indonesia dan orang Indonesia? Mengapa harus begitu dramatis? Mengapa kalian sangat kasar pada kami? Mengapa saya harus bersembunyi jika saya tidak berbuat salah?" tulis Suriya.

Setelah dirinya, pasangannya, orang tuanya, keluarganya, dan bahkan fotografer pernikahannya menerima ancaman pembunuhan dari warganet Indonesia, Suriya menghubungi pengacara untuk meminta saran hukum.

Komentar