alexametrics

Facebook Siap Kenalkan 4 Fitur Audio Sosial untuk Saingi Clubhouse

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Facebook Siap Kenalkan 4 Fitur Audio Sosial untuk Saingi Clubhouse
Aplikasi Facebook pada sebuah ponsel pintar Android (Shutterstock).

Popularitas Clubhouse membuat para penguasa pasa media sosial seperti Facebook dan Twitter berlomba menirunya.

Suara.com - Facebook dilaporkan siap memperkenalkan sederet produk paket audio sosial baru. Beberapa produk ini terdiri dari aplikasi baru hingga fitur yang akan dibawa ke aplikasi Facebook.

Mengutip laporan Vox, setidaknya ada empat produk atau fitur baru yang akan dihadirkan Facebook. Pertama, ada Rooms yang hadir dalam versi audio. Rooms merupakan sebuah aplikasi konferensi video yang dikenalkan untuk menyaingi Zoom. Aplikasi ini sudah muncul pada 2020 lalu.

Kedua, ada aplikasi yang mirip dengan Clubhouse yang namanya tidak disebutkan. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sama dengan Clubhouse, di mana sekelompok orang mendengarkan dan berinteraksi dengan pembicara di panggung virtual.

Ketiga, ada sebuah fitur suara untuk aplikasi Facebook. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengunggah konten pesan suara singkat di newsfeed mereka. Konten suara ini akan sama dengan yang sudah ada sebelumnya, seperti status dalam format teks, gambar, atau video.

Baca Juga: Clubhouse Android Diyakini Rilis di Bulan Mei

Keempat, ada sebuah podcast yang nantinya bekerja sama dengan Spotify. Namun belum jelas bagaimana konsep podcast Facebook ini, apakah hanya sekadar merekomendasikan podcast yang kemudian diarahkan ke aplikasi Spotify atau lainnya.

Selain itu, masih belum jelas kapan Facebook akan menghadirkan deretan paket audio sosial tersebut. Menurut sumber anonim, produk ini akan muncul dalam versi beta hingga musim semi tahun ini.

Upaya Facebook dalam menyaingi Clubhouse ini mengikuti jejak Twitter. Sebelumnya, mereka sudah memperkenalkan aplikasi audio sosial versi mereka bernama Spaces.

Di sisi lain, Facebook juga telah memperkenalkan situs Hotline. Platform website tanya jawab berbasis audio ini seperti gabungan Clubhouse dan Instagram Live. Pengguna bisa memberikan pertanyaan ke speakers lewat audio dan muncul di panggung bersama mereka.

Baca Juga: Waduh! 1,3 juta Data Pribadi Pengguna Clubhouse Disebut Bocor, Ternyata...

Komentar