alexametrics

Beda Instagram Lite dengan Instagram Biasa

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Beda Instagram Lite dengan Instagram Biasa
Aplikasi Instagram pada ponsel pintar bersistem iOS (Shutterstock).

Tampilan Instagram Lite juga hampir mirip dengan Instagram biasa, tetapi jika diperhatikan seksama versi Lite lebih mirip dengan di browser.

Suara.com - Instagram Lite akhirnya resmi meluncur di Indonesia hari ini, Senin (19/4/2021). Versi mini dari Instagram ini sudah bisa diunduh di laman aplikasi Google Play Store.

Jika dibandingkan dengan aplikasi Instagram biasa yang memiliku ukuran 35 MB, Instagram Lite hanya memiliki ukuran 2,1 MB. Ukuran ini tentu akan mendukung smartphone yang memiliki kapasitas memori lebih minim.

Selain itu, tampilan Instagram Lite juga hampir mirip dengan Instagram versi reguler. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, tampilan Instagram Lite lebih mirip dengan versi Instagram yang dibuka lewat browser.

Ukuran Instagram Lite yang kecil ini tentu tidak membawa fitur lengkap seperti Instagram biasa. Berdasarkan pantauan suara.com, Instagram Lite tidak membawa beberapa fitur seperti Instagram Live, Shop, hingga IGTV.

Baca Juga: Facebook Buat Aplikasi Tanya Jawab Mirip Clubhouse dan Instagram Live

Khusus IGTV, pengguna Instagram Live tidak bisa mengunggah konten lewat fitur tersebut. Namun mereka masih bisa menonton konten IGTV yang ada di beranda.

Kemudian, tampilan antarmuka Instagram Lite juga mirip dengan versi Instagram lama. Di fitur notifikasi misalnya, ikon love masih ada di sisi bawah layar bersamaan dengan home, search, buat konten baru, atau profil.

Hal ini dikarenakan Instagram Shop memang tidak muncul di Instagram Lite. Otomatis, UI notifikasi masih muncul di kolom bawah.

Instagram Lite sendiri juga masih membawa beberapa fitur unggulan Instagram reguler seperti direct messages hingga stories. Namun di fitur stories, pengguna Instagram Lite tidak bisa menampilkan efek-efek yang ada di Instagram biasa. Mereka hanya bisa mengunggah foto atau video di sana.

Hal sama juga terdapat di fitur unggah konten. Jika Instagram reguler bisa mengunggah beberapa foto, maka Instagram Lite hanya bisa mengunggah satu foto saja.

Baca Juga: Banjir Program Seru Ramadan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Sisanya, tampilan stories dengan logo lingkaran masih terdapat di baris atas. Pengguna bisa melihat stories dari teman mereka seperti yang ada di Instagram reguler. Begitu juga dengan explore yang masih sama dengan Instagram reguler.

Sejauh ini, Instagram Lite sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di laman Google Play Store.

Komentar