alexametrics

Xiaomi Siapkan Fitur yang Bikin RAM Jadi Lebih Lega

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Xiaomi Siapkan Fitur yang Bikin RAM Jadi Lebih Lega
Logo Xiaomi. [Shutterstock]

Fitur penambah RAM dari Xiaomi ini hanya bisa menambah kapasitas seluas 1 GB.

Suara.com - Xiaomi dilaporkan sedang mengembangkan fitur yang disebut Memory Extension. Fitur ini memungkinkan ponsel mendapatkan memori demi mempermudah multitasking.

Informasi ini pertama kali ditemukan oleh tipster Kacper Skrzypek. Ia menemukan sebuah opsi yang disebut Memory Extension di tampilan antarmuka MIUI Xiaomi.

Mengutip Android Authority, Senin (3/5/2021), screenshot menunjukkan fitur memberikan RAM tambahan dari memori penyimpanan. Namun ukuran RAM tambahan ini hanya mampu menyediakan kapasitas 1 GB.

Jika diperhatikan, fitur ini bukan pertama kali muncul di smartphone. Vivo juga menghadirkan fitur RAM tambahan lewat seri Vivo X60 yang meluncur beberapa waktu lalu di Indonesia.

Baca Juga: iPhone 12 Mini Gagal, Apple Setia di Posisi Kedua Smartphone Terlaris 2021

Di Vivo X60 Pro Plus misalnya, pengguna bisa memanfaatkan memori internal 3 GB untuk digunakan sebagai RAM Virtual. Dengan ini, RAM 12 GB yang sudah ada secara bawaan akan bertambah menjadi 15 GB.

Menurut Vivo, fitur tersebut memungkinkan pengguna mencicip sistem smartphone yang lebih lancar, misalnya seperti multitasking di banyak aplikasi.

Selain Vivo, fitur serupa juga pernah muncul di Windows yang dikenal ReadyBoost. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasangkan flash drive ke komputer untuk menambah kapasitas RAM.

Belum ada informasi kapan fitur Memory Extension dirilis dan perangkat mana yang pertama kali kebagian. Diharapkan Xiaomi tidak membatasi fitur MIUI tersebut ke perangkat flagship saja.

Baca Juga: Xiaomi Bagi-bagi Mi Mix Fold Gratis, Perhatikan Caranya!

Komentar