alexametrics

Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Besok: Apa Saja yang Akan Berubah?

Dany Garjito
Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Besok: Apa Saja yang Akan Berubah?
whatsapp (shutterstock)

Berikut Kebijakan Privasi Baru WhatsApp

Suara.com - Penting untuk diperhatikan, bahwa WhatsApp akan memberlakukan kebijakan privasi barunya mulai hari Sabtu (15/5/2021). Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa belakangan ini WhatsApp telah meminta para penggunanya untuk menyetujui kebijakan privasi baru tersebut melalui pop up dan notifikasi yang muncul pada aplikasi pengguna. Kebijakan privasi baru WhatsApp secara garis besar akan berkaitan dengan keperluan WhatsApp bisnis.

Setelah sempat menerima banyak kritik dan kekhawatiran pengguna mengenai keamanan datanya, WhatsApp menegaskan bahwa kebijakan baru WhatsApp tidak akan memengaruhi privasi dan keamanan chat pribadi pengguna.

Selain itu, kebijakan privasi baru Whatsapp juga tidak memperluas kewenangan WhatsApp membagikan data pengguna dengan Facebook. Lantas apa yang akan terjadi setelah tanggal 15 Mei 2021?

Kebijakan Privasi Baru WhatsApp

Baca Juga: 50 Ucapan Idul Fitri untuk Dikirim Via WhatsApp

Melansir laman resmi WhatsApp, disampaikan bahwa WhatsApp tidak akan menghapus akun penggunanya. Itu artinya, tidak seorang pun yang akunnya akan dihapus atau kehilangan fungsionalitasnya WhatsApp pada tanggal 15 Mei karena pembaruan tersebut.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

Meskipun demikian, selama beberapa minggu, pengingat kepada para pengguna untuk menyetujui pembaruan akan selalu muncul sampai pengguna menyetujui.

Hingga nantinya setelah beberapa minggu, secara bertahap pengguna WhatsApp yang tidak juga menyetujui kebijakan privasi baru akan mendapati fungsionalitas WhatsApp menjadi terbatas. Adapun keterbatasan fungsionalitas yang akan dialami para pengguna yang tidak menyetujui pembaruan yaitu:

  • Pengguna tidak dapat mengakses daftar obrolan, namun masih bisa menjawab telepon masuk dan panggilan video.
  • Setelah beberapa minggu kemudian dari keterbatasan fungsionalitas itu, para pengguna pada akhirnya juga tidak bisa menerima panggilan masuk atau mendapatkan pemberitahuan. Lalu WhatsApp akan berhenti mengirim pesan dan panggilan ke telepon pengguna.

Pihak WhatsApp memang menekankan tidak akan menghapus akun pengguna jika tidak menerima pembaruan. Namun, pihaknya menyampaikan agar para pengguna memperhatikan bahwa secara terpisah kebijakannya terkait pengguna yang tidak aktif akan diberlakukan. Kebijakan terkait akun yang tidak aktif ini mengenai ketentuan akan dihapuskannya akun WhatsApp yang tidak aktif selama 120 hari.

Ketidakaktifan yang dimaksud berarti pengguna belum terhubung ke WhatsApp. Adapun akun yang telah dihapus maka hal tersebut tidak dapat dikembalikan. Kemudian, WhatsApp juga memperingatkan, menghapus akun berarti menghapus riwayat pesan, menghapus pengguna dari semua grup WhatsApp-nya, serta menghapus cadangan WhatsApp.

Baca Juga: 5 Aplikasi Video Call yang Mudah Digunakan untuk Lebaran Virtual

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar