alexametrics

Ada PUBG dan Free Fire, Ini 10 Game Seluler Terlaris April 2021

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Ada PUBG dan Free Fire, Ini 10 Game Seluler Terlaris April 2021
Tencent Holdings Limited, China. Salah satu dari perusahaan internet terbesar di dunia. Sebagai ilustrasi perusahaan ini meraup banyak perolehan game seluler terlaris [Shutterstock].

Pandemi Covid-19 dan aturan lockdown mendorong pengeluaran pemain ke level yang lebih tinggi.

Suara.com - Lembaga riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower mengungkapkan daftar sepuluh game terlaris di seluruh dunia edisi April 2021.

Game seluler terlaris di seluruh dunia saat ini diraih oleh Honor of Kings dari Tencent dengan pengeluaran pemain mencapai 258,8 juta dolar AS dan mewakili pertumbuhan 38,4 persen dari April 2020.

Sekitar 96 persen pendapatan Honor of Kings berasal dari pemain China dan versi lokalnya dengan judul Game for Peace memiliki 1,7 persen pendapatan dari Thailand dan 1,2 persen dari Taiwan.

Pada posisi kedua diduduki oleh PUBG Mobile dari Tencent dengan pendapatan kotor 237,7 juta dolar AS.

Baca Juga: Top Up Voucher Game Online Tembus Rp 2 Juta, Bocah Ini Bikin Ayah Ngamuk

Game selluler terlaris April 2021 [screenshot Sensor Tower].
Game selluler terlaris April 2021 [screenshot Sensor Tower].

Dilaporkan sekitar 60 persen berasal dari pemain di China, diikuti sekitar 11 persen dari Amerika Serikat.

Game mobile terlaris berikutnya adalah Uma Musume Pretty Derby milik CyberAgent, Roblox dari Roblox Corporation, dan Coin Master dari Moon Active.

Pada peringkat keenam diraih oleh Genshin Impact dari miHoYo, Rise of Kingdom buatan Lilith Games, Candy Crush Saga, Clash of Clans, dan terakhir Garena Free Fire.

Dilansir dari laman resmi Sensor Tower pada Sabtu (15/5/2021), Honor of Kings telah lama menjadi salah satu game seluler dengan pendapatan terbesar di dunia.

Bahkan pandemi Covid-19 dan aturan lockdown justru mendorong pengeluaran pemain ke level yang lebih tinggi.

Baca Juga: Sony Digugat Karena Monopoli Penjualan Game Online

Pada 2020, pengeluaran pemain untuk game tersebut naik lebih dari 50 persen dari tahun ke tahun menjadi 2,6 miliar dolar AS.

Pendapatan bulanan pun terus meningkat dan April 2021 menandai bulan terbaiknya di App Store maupun Google Play. Tercatat dari Januari hingga April, Honor of Kings telah menghasilkan hampir 1 miliar dolar AS.

Kinerja pasar game seluler sejak gelombang awal pandemi yang terjadi pada kuartal pertama dan kedua 2020 mengungkapkan bahwa pengeluaran naik 10,8 persen YoY (Year over Year) pada April 2021.

Meskipun banyak negara terus memberlakukan batasan sosial, sektor game seluler terus tumbuh seiring dengan beberapa aturan lockdown yang dilonggarkan. Hal itu menunjukkan sejauh ini industri game dapat mempertahankan kinerjanya.

Komentar