alexametrics

Masih Dalam Rencana, Instagram Khusus Anak Sudah Dapat Penolakan

M. Reza Sulaiman | Dicky Prastya
Masih Dalam Rencana, Instagram Khusus Anak Sudah Dapat Penolakan
Ilustrasi Instagram. [Solen Feyissa/Unsplash]

Rencana Facebook untuk merilis aplikasi Instagram khusus anak-anak di bawah usia 13 tahun atau Instagram for Kids ditentang sejumlah pihak, termasuk jaksa agung.

Suara.com - Rencana Facebook untuk merilis aplikasi Instagram khusus anak-anak di bawah usia 13 tahun atau Instagram for Kids ditentang sejumlah pihak, termasuk jaksa agung.

Penolakan ini disampaikan langsung lewat surat terbuka dari Asosiasi Nasional Jaksa Agung Nasional di Amerika Serikat.

Surat tersebut ditandatangani oleh 44 jaksa agung di level pemerintah negara bagian. Bahkan, jaksa agung di negara bagian AS seperti Guam, Puerto Rico, dan Northern Mariana Island juga ikut berpartisipasi di surat terbuka.

"Tampaknya Facebook tidak menanggapi kebutuhan, tetapi malah membuatnya hanya karena platform ini menarik, terutama bagi anak-anak yang tidak atau tidak akan memiliki akun Instagram," tulis surat tersebut, dikutip dari The Verge, Minggu (16/5/2021).

Baca Juga: Instagram Bakal Hadirkan Dukungan Unggah Foto dari Desktop

"Jaksa Agung mendesak Facebook untuk membatalkan rencananya meluncurkan platform baru ini," tambahnya.

Rencana Facebook untuk merilis Instagram khusus anak sudah beredar sejak Maret lalu. Bahkan, perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa rencana ini memang bakal dilaksanakan.

Menurut email internal yang dibocorkan, platform ini dilaporkan sebagai proyek prioritas perusahaan. Namun Facebook bersikeras bahwa saat itu mereka tidak membuat timeline untuk merilis aplikasi tersebut.

Meskipun surat terbuka ini tidak memiliki kekuatan hukum formal, surat ini menekankan risiko hukum signifikan yang akan dihadapi Facebook apabila tetap menjalankan aplikasi Instagram khusus anak.

Sebab di Amerika Serikat, anak-anak di bawah 13 tahun tunduk pada perlindungan hukum di bawah Children's Online Privacy Protection Act (COPPA). Aturan ini bersifat sangat ketat terhadap pengumpulan data pribadi anak-anak di bawah umur.

Baca Juga: Viral Driver Ngaku Jemput Personel SM*SH, Namanya Jadi Sorotan

Banyak media sosial yang kemudian mematuhi tindakan tersebut dan melarang anak-anak di usia 13 tahun menggunakan aplikasi. Namun hal itu tidak sepenuhnya melindungi mereka dari tindakan regulasi.

Komentar