alexametrics

Ponsel Xiaomi Akan Dilengkapi Fitur Pemantau Gempa Gunakan Sensor dan Berteknologi AI

Dythia Novianty
Ponsel Xiaomi Akan Dilengkapi Fitur Pemantau Gempa Gunakan Sensor dan Berteknologi AI
Logo Xiaomi. [Greg Baker/AFP]

Xiaomi mungkin sedang dalam perjalanan untuk meluncurkan sistem peringatan dini bencana lainnya.

Suara.com - Pertama kali Xiaomi mengintegrasikan peringatan gempa pada ROM MIUI kustom untuk ponsel dan TV pintarnya pada 2010 lalu.

Fitur ini hasil kolaborasi dengan Chengdu High-tech Disaster Mitigation Institute.

Baru-baru ini, raksasa teknologi itu merilis data yang menunjukkan telah berhasil memperingatkan sekitar 35 gempa bumi berkekuatan 4,0 ke atas, dengan total 12,64 juta pesan peringatan yang dikirim sejak dirilis pada November 2019.

Fitur deteksi gempa Xiaomi. [Ithome]
Fitur deteksi gempa Xiaomi. [Ithome]

Sebagaimana melansir laman Gizmochina, Minggu (6/6/2021), disinyalir, Xiaomi mungkin sedang dalam perjalanan untuk meluncurkan sistem peringatan dini bencana lainnya.

Perusahaan telah memberikan bocoran fitur yang memungkinkan ponselnya tidak hanya menerima informasi peringatan gempa tetapi juga memantau gempa.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Redmi 9T vs Infinix Hot 10S, Mana Lebih Baik?

Fitur ini akan melibatkan integrasi smartphone dengan beberapa sensor yang akan memantau aktivitas seismik bumi secara real-time.

Fitur deteksi gempa Xiaomi. [Ithome]
Fitur deteksi gempa Xiaomi. [Ithome]

Teknologi ini tidak hanya menghemat biaya pemantauan gempa, tetapi juga sangat meningkatkan jumlah pemantauan, membuat pemantauan gempa nasional, dan jaringan peringatan dini lebih lengkap.

Fitur baru ini akan diluncurkan di semua ponsel Xiaomi seiring berjalannya waktu.

Namun, pengguna ponsel Mi yang menjalankan versi pengembangan MIUI 12.5 dapat mencobanya dengan pilih menu Mobile Phone Manager-Earthquake Early Warning, untuk mendaftar bergabung dengan relawan pemantau gempa.

Xiaomi menjelaskan lebih lanjut bahwa ketika sensor di ponsel mendeteksi getaran, ia akan menilai apakah itu informasi gempa melalui komputasi tepi.

Baca Juga: Kisruh Infinix vs Xiaomi: Perbandingan Spesifikasi Boleh tapi...

Jika benar, ia akan mengirimkan informasi ke pusat peringatan dini, dan pusat akan menggunakan informasi dari beberapa ponsel dan teknologi AI data gempa untuk menghitung dan memutuskan apakah gempa benar-benar terjadi.

Komentar