alexametrics

Cara Mengganti Password WiFi Agar Tidak Dibobol Tetangga

Rifan Aditya
Cara Mengganti Password WiFi Agar Tidak Dibobol Tetangga
Cara Mengganti Password WiFi Agar Tidak Dibobol Tetangga - Ilustrasi modem WiFi (Unsplash)

Cara mengganti password WiFi sebenarnya mudah tetapi banyak pengguna internet yang tidak mengetahuinya.

Suara.com - Cara mengganti password WiFi sebenarnya mudah tetapi banyak pengguna internet yang tidak mengetahuinya. Padahal pengetahuan ini diperlukan baik bagi pengguna WiFi di rumah, perkantoran, maupun cafe. 

Mengubah password WiFi bisa dilakukan melalui PC, laptop, maupun ponsel. Selama perangkat tersebut dapat mengakses browser apapun, misalnya Google Chrome. Lalu bagaimana langkah atau cara mengganti password WiFi?

Berikut cara mengganti password WiFi dengan mudah dan cepat.

  1. Pastikan perangkat tersambung dengan jaringan WiFi yang akan diganti passwordnya. Bila ternyata tersambung dengan jaringan lain maka pengguna tidak akan bisa mengganti passwordnya.
  2. Ketik alamat 192.168.1.1. pada kolom URL browser yang ada pada laptop atau handphone. Setelah menekan enter pengguna akan masuk ke tampilan muka pengaturan router.
  3. Masukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Untuk mode default atau belum pernah diganti sebelumnya, masukkan saja ‘user’ pada username dan password. Beberapa jenis router biasanya menggunakan ‘admin’ untuk username dan password default.
  4. Setelah masuk, klik pilihan ‘Network’ pada sebelah kiri. Kemudian akan muncul beberapa pilihan.
  5. Pilih ‘Security’ yang terletak di bawah  ‘Network’. 
  6. Masukkan password baru pada kolom 'WPA Passphrase' di bagian tengah layar. Password WiFi minimal delapan karakter dan maksimal 63 karakter.
  7. Disarankan untuk membuat password WiFi yang terdiri dari kombinasi angka, huruf besar, dan huruf kecil. Sebab kombinasi tersebut lebih kuat dan anti dibobol. Selain itu, password WiFi jangan pakai kata-kata atau frasa yang mudah diketahui orang.
  8. Terakhir, klik save. Password baru akan tersimpan dan mulai bisa digunakan. Bila langkah ini terlewat, maka password baru tidak akan tersimpan. Proses mengganti password pun harus diulangi dari awal lagi.

Mengganti password WiFi secara berkala cukup penting untuk sejumlah alasan. Misalnya, saat ada orang lain yang mengetahui password WiFi serta menggunakannya tanpa izin. Terkadang ada juga tetangga yang ikut mengakses koneksi internet tanpa ikut membayar tagihan internet. 

Baca Juga: TP-Link dan MyRepublik Luncurkan Deco M4 untuk Wifi di Rumah Tanpa Dead Zone

Pengelola cafe maupun restoran juga perlu mencari tahu cara mengganti password WiFi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan pelanggan.

Biasanya pengelola cafe hanya memberikan akses WiFi kepada pelanggan yang melakukan transaksi pembelian saja. Jadi, password WiFi hari ini tidak bisa digunakan untuk esok hari.

Demikian cara mengganti password WiFi dengan mudah dan cepat. Ubah password WiFi secara berkala untuk mencegah orang tanpa ijin memakai akses internet Anda.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Baca Juga: Popularitas Jasa Sewa Modem Wifi Naik di tengah Tren WFH

Komentar