alexametrics

Awas! Pembaruan WhatsApp Disebut Bisa Menyadap Ponsel Kamu, Ini Jawabannya

Dythia Novianty
Awas! Pembaruan WhatsApp Disebut Bisa Menyadap Ponsel Kamu, Ini Jawabannya
Ilustrasi WhatsApp. [Tumisu/Pixabay]

WhatsApp meluncurkan fitur 'panggilan bergabung' baru tetapi para ahli memperingatkan itu bisa membuat Anda rentan terhadap pengintai.

Suara.com - WhatsApp meluncurkan fitur 'panggilan bergabung' baru tetapi para ahli memperingatkan itu bisa membuat Anda rentan terhadap pengintai.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna bergabung dengan panggilan setelah dimulai.

Tapi ada beberapa kekhawatiran bahwa hal itu dapat menyebabkan penyadapan, meskipun WhatsApp dengan tegas menyangkalnya.

"Dari sudut pandang keamanan, dapat bergabung dengan panggilan yang sedang berlangsung meningkatkan risiko penyadapan," ujar Victor Chebyshev, Lead Security Researcher di Kaspersky.

Baca Juga: Profil Kwon Yuli, Bocah Imut yang Kerap Muncul Jadi Sticker WhatsApp

"Intinya, jika penyerang ada di grup WhatsApp, tidak akan sulit bagi mereka untuk terhubung ke panggilan," terangnya dilansir laman The Sun, Kamis (22/7/2021).

“Yang harus mereka lakukan adalah menunggu sampai sebagian besar peserta sudah mulai dan kemudian berharap mereka dapat bergabung tanpa diketahui," kata dia.

Fitur video call sudah tersedia di WhatsApp Desktop. [Dok WhatsApp]
Fitur video call sudah tersedia di WhatsApp Desktop. [Dok WhatsApp]

"Penyerang juga tidak perlu duduk dan menunggu panggilan dimulai, karena mereka terhubung kapan saja".

"Namun perlu dicatat bahwa anggota grup - terutama administrator - dapat melacak peserta dan memastikan bahwa orang luar tidak bergabung," jelas Victor Chebyshev,

Fitur baru diumumkan awal minggu ini dan perubahan akan terjadi pada bagian "Panggilan" di WhatsApp kamu.

Baca Juga: Cara Bergabung Panggilan Video Grup WhatsAppp

Kamu akan mendapatkan pemberitahuan tentang panggilan grup yang mengundang dan jika itu masih berlangsung saat masuk ke aplikasi, kamu dapat mengklik "Gabung".

Komentar