alexametrics

China Siap Bangun Reaktor Nuklir Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
China Siap Bangun Reaktor Nuklir Ramah Lingkungan Pertama di Dunia
China akan segera reaktor nuklir yang memanfaatkan Thorium dan garam cair. Foto: Ilustrasi pembangkit listrik tenaga nuklir. (Shutterstock)

Reaktor nuklir bersih pertama China akan menggunakan thorium cair dan garam cair.

Suara.com - China berencana untuk membangun reaktor nuklir komersial ramah lingkungan pertama di dunia. Reaktor tersebut akan menggunakan thorium cair dan garam cair, dan tak membutuhkan air sebagai pendingin.

Mengutip Engadget, Selasa (27/7/2021), prototipe reaktor pertama ini direncanakan hadir pada bulan Agustus. Sementara tes pertamanya akan digelar pada September mendatang. Pembangkit listrik ini rencananya mulai beroperasi pada 2030 dengan daya sebesar 100MW.

Dikembangkan lewat program bernama Thorium Molten Salt Reactor, pembangkit listrik ini telah mulai dibangun sejak 2011 di Wuwei, kota dekat gurun di Provinsi Gansu yang terletak di pelosok barat laut Tiongkok.

Tadinya purwarupa reaktor ini direncanakan rampung pada 2024, tetapi pengerjaanya telah dipercepat. Tiongkok berambis menjadi negara netral karbon pada 2060 mendatang.

Baca Juga: AS Sebut Pengembangan Senjata Nuklir China Mengkhawatirkan

Garam cair
Karena menggunakan garam cair sebagai pendingin alih-alih air, maka reaktor ini bisa beroperasi hingga mencapai suhu ekstrem. Reaktor ini diklaim bisa beroperasi hingga suhu 1000 derajat Celcius.

Para ilmuwan dari Institut Fisika Terapan Shanghai pada 2017 lalu berhasil menemukan material yang terbuat dari nikel, molybdenum, dan silicon carbiden (campuran NiMo-SiC) untuk menjadi bagian dari reaktor dan berfungsi untuk menahan suhu ekstrem.

Sementara penggunaan thorium alih-alih uranium atau plutonium sebagai bahan bakar memiliki beberapa keunggulan.

Material ini kurang radioaktif. Limbah Thorium butuh waktu 500 tahun saja agar paparan radiokatifnya pudar, dibandingkan dengan 10.000 tahun pada uranium. Thorium juga lebih aman karena ia sangat sukar untuk diubah menjadi senjata nuklir.

Baca Juga: Manfaatkan Material Lokal, Reaktor Nuklir Generasi Keempat Berhasil Diciptakan