alexametrics

Mulai September, Akun Google Tak Bisa Dipakai di Ponsel Gingerbread

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Mulai September, Akun Google Tak Bisa Dipakai di Ponsel Gingerbread
Akun Google. Sebagai ilustrasi [Brett Jordan/Unsplash]

Pemutusan akses ini agar membantu melindungi keamanan akun pengguna.

Suara.com - Mulai September, Google akan menonaktifkan dukungan akun pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Android Gingerbread atau versi 2.3.7 ke bawah.

Dalam email yang dikirim ke pengguna, perusahaan mengumumkan bahwa akun Google mereka tidak lagi bisa masuk. Adapun sistem operasi ini mulai dari Android 1.0, 1.1, 1.5 (cupcake), 1.6 (Donut), 2.0 Eclair, 2.2 Froyo, dan 2.3 Gingerbread.

Pemutusan akses ini mencakup dukungan di sistem hingga aplikasi. Namun akun masih bisa mengunjungi Google Search, Gmail, Drive, dan browser (yang saat itu belum diubah menjadi Chrome).

Ponsel Android. [Denny Müller/Unsplash]
Ponsel Android. Sebagai ilustrasi [Denny Müller/Unsplash]

Dikutip dari 9to5Google, Minggu (1/8/2021), Google mengatakan pemutusan akses ini agar membantu melindungi keamanan akun pengguna. Dengan begitu, pada 27 September, akun mereka akan dikeluarkan otomatis dari perangkat dan hanya bisa menikmati layanan dari browser.

Baca Juga: Cara Keluar dari Akun Google dengan Mudah

Meski begitu, Android 3.0 Honeycomb atau lebih tinggi masih bisa mengakses layanan akun Google. Akan tetapi, perubahan ini diperkirakan hanya berpengaruh ke sebagian kecil pengguna, terutama kolektor ponsel.

Sebagai informasi, Gingerbread adalah sistem operasi Android versi 2.3 hingga 2.3.7. Sistem operasi ini telah dirilis pada Desember 2010.

Di sisi lain, Google telah mengumumkan layanan Google Play akan berhenti diperbarui untuk Android Jelly Bean (versi 4.1 sampai 4.3) mulai bulan depan.

Komentar