alexametrics

Apa itu Otot Polos? Ini Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Letaknya

Rifan Aditya
Apa itu Otot Polos? Ini Ciri-ciri, Jenis, Fungsi dan Letaknya
Ilustrasi otot manusia, anatomi manusia, belajar biologi (elemen envato)

Apa itu otot polos? Simak penjelasan ciri-ciri, letak dan fungsi otot polos berikut.

Suara.com - Perlu anda ketahui bahwa otot manusia terbagi menjadi 3 jenis, yakni otot polos, otot lurik dan otot jantung. Ketiganya memiliki bentuk dan tugas yang berbeda pada tubuh. Nah, apa itu otot polos? Simak penjelasannya berikut.

Otot menjadi satu bagian tubuh yang berperan penting pada tubuh manusia, salah satu jenis sistem jaringan yang terdapat di dalam tubuh ini memiliki peran sebagai sistem gerak aktif. Otot terbentuk dari sekumpulan sel otot yang kemudian membentuk sebuah jaringan yang berfungsi sebagai sistem penggerak tubuh.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang definisi otot polos beserta ciri dan fungsinya pada tubuh kita, mari simak!

Definisi Otot Polos

Baca Juga: Pria Wajib Tahu, Ini 5 Mitos Paling Populer Tentang Pembentukan Otot

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh J. Gordon Betts dalam tulisannya yang berjudul "Anatomy dan Psikologi" (2017) otot polos bekerja secara tidak sadar dan tidak membutuhkan energi yang besar dalam melakukan kontraksi yang berkelanjutan. Selain itu otot polos juga menjadi penunjang utama dalam tubuh kita yang bergerak dalam waktu lama dan tanpa jeda, hampir setiap bagian pada tubuh kita tersusun dari jaringan otot polos.

Yang membedakan otot polos dengan jenis otot lainnya adalah otot polos tidak memiliki sistem jaringan lurik. Sehingga ia cenderung untuk bekerja secara tanpa disadari.

Ciri-ciri Otot Polos

Setiap otot yang ada di dalam tubuh kita memiliki peranan masing-masing. Bentuk dan pola yang terdapat pada otot pun beragam menyesuaikan dengan fungsinya terhadap tubuh kita. Berikut adalah beberapa ciri otot polos yang perlu anda ketahui:

  1. Bekerja secara tidak sadar
  2. Tidak memiliki pola lurik
  3. Berinti tunggal
  4. Tidak bercabang
  5. Bersifat elastis
  6. Memiliki tebal sekitar empat hingga lima mikrometer
  7. Memiliki panjang sekitar 20 hingga 300 mikrometer
  8. Terdapat di otot pembuluh darah dan organ dalam
  9. Memiliki filament aktin yang terlihat sebagai garis merah di bawah mikroskop
  10. Berbentuk gelendong atau spindel dengan bagian tengah yang menggelembung (terdapat nukleus) dan ujung yang meruncing.

Jenis Otot Polos

Baca Juga: Kapan Saraf Kejepit Perlu Tindakan Operasi? Ini Kata Ahli

Otot polos yang terdapat di dalam tubuh manusia terdiri dari 2 jenis otot polos, yakni otot polos unit tunggal dan otot polos unit ganda.

Komentar