alexametrics

Windows 11 Rilis 5 Oktober, Ini Spesifikasi Minimal untuk PC

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Windows 11 Rilis 5 Oktober, Ini Spesifikasi Minimal untuk PC
Windows 11 menu Start baru dan tombol Start yang diperbarui [YouTube: Microsoft].

Windows 11 akan datang pada awal Oktober pada deretan perangkat yang telah memenuhi syarat.

Suara.com - Microsoft telah resmi mengumumkan bahwa mereka bakal meluncurkan Windows 11 pada 05 Oktober 2021. Berikut ini kami akan memberikan spesifikasi minimal Windows 11 untuk PC.

Sebagai informasi, Windows 11 meluncur pada Oktober sebagai update gratis untuk PC yang memenuhi syarat minimum.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan melalui blog resmi perusahaan pada Selasa (31/08/2021), Microsoft menjelaskan bahwa perangkat baru yang memenuhi syarat akan mendapatkan pembaruan terlebih dahulu.

Update bakal dirilis secara bertahap mulai 05 Oktober mendatang. Dikutip dari GSMArena, update akan diluncurkan dari waktu ke waktu ke perangkat di pasar berdasarkan model kecerdasan dengan mempertimbangkan kelayakan perangkat keras, metrik keandalan, usia perangkat, dan faktor lain yang memengaruhi pengalaman peningkatan.

Baca Juga: Microsoft Ancam PC Lama Tak Akan Kebagian Pembaruan Windows 11

Perusahaan menargetkan semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan update pada pertengahan 2022. Para pemilik Windows 10 akan melihat notifikasi pembaruan pada Windows Update saat sudah siap.

Tampilan Windows 11. (Microsoft)
Tampilan Windows 11. (Microsoft)

Namun pengguna tak menutup kemungkinan untuk mengunduh dan memperbarui secara manual, seperti halnya dengan pembaruan Windows lainnya.

Spesifikasi minimal Windows 11 untuk PC berdasarkan laman resmi Microsoft:

  • Prosesor: 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64 bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)
  • Memori: RAM 4 GB
  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih besar
  • Sistem Firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • Display: Resolusi HD (720p) dengan ukuran layar lebih dari 9 inci (secara diagonal)
  • Grafis: Grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 / WDDM 2.x


Windows 11 membawa sejumlah perubahan, termasuk menu Start yang didesain ulang, UI yang lebih segar, widget, aplikasi Microsoft Store yang diperbarui, dan lain-lain. Berikut beberapa fitur serta desain baru mengenai Windows 11 dikutip dari laman resmi Windows:

Tampilan Windows 11. (Microsoft)
Tampilan Windows 11. (Microsoft)
  • Desain baru yang lebih segar.
  • Dengan menu Start, tampilan konten akan berfokus lebih ke tengah.
  • Snap Layout, Snap Group, dan Dekstop lebih optimal dalam melakukan multitasking.
  • Widget, feed baru yang dipersonalisasi dan didukung oleh AI diklaim menyediakan cara lebih cepat dalam mengakses informasi.
  • Perusahaan menawarkan kinerja maksimal dengan teknologi seperti DirectX12 Ultimate, DirectStorage, dan Auto HDR.
  • Hadirnya Microsoft Store dengan desain anyar untuk memudahkan pencarian dan menemukan aplikasi, game, acara, dan film dalam satu lokasi.

Microsoft juga menyediakan fitur "Check for Compatibility" pada laman resminya. Namun saat artikel ini ditulis, fitur tersebut masih bertuliskan "Coming Soon" atau akan meluncur sebentar lagi.

Baca Juga: Microsoft Surface Go 3 Muncul di Geekbench, Bawa Performa Lebih Kencang

Jika sudah aktif, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek dengan sekali klik apakah perangkat mereka kompatibel dengan Windows 11 atau tidak. Fitur Check for Compatibility bisa dilihat melalui LINK INI. Itulah tadi penjelasan mengenai spesifikasi PC minimal untuk Windows 11, apakah perangkat kalian memenuhi syarat?

Komentar