alexametrics

Mirip Facebook, Twitter Uji Coba Emoji Reaction untuk Tanggapi Tweet

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Mirip Facebook, Twitter Uji Coba Emoji Reaction untuk Tanggapi Tweet
Ilustrasi Twitter. [Claudio Schwarz | @purzlbaum/Unsplash]

Twitter tengah menguji coba fitur emoji reaction untuk menanggapi tweet di timeline.

Suara.com - Twitter tengah menguji coba fitur emoji reaction untuk menanggapi tweet di timeline. Dengan ini, maka pengguna bisa memberi reaksi lebih beragam ketimbang hanya sekadar 'like'.

Adapun emoji reaction yang disediakan Twitter yakni mulai dari emoji berpikir, menangis, emoji tertawa sambil mengeluarkan air mata, tepuk tangan, hingga hati atau love.

Sebagaimana dilaporkan The Verge, Minggu (12/9/2021), uji coba ini masih terbatas untuk pengguna dan dalam durasi tertentu. Namun Twitter bakal memperluas ke banyak pengguna di berbagai negara.

Twitter mengaku, fitur ini dibuat untuk memberikan pengguna lebih banyak cara untuk berekspresi dalam sebuah tweet. Kumpulan emoji ini bisa muncul jika pengguna menekan lama tombol like atau ikon love.

Baca Juga: Perbaiki Urutan Konten di Feed, Instagram Uji Coba Fitur Favorites

Sementara jika mengetuk sekali, maka reaksi menampilkan like atau suka seperti yang sudah ada sekarang.

Fitur emoji reaction sendiri telah tersedia bertahun-tahun di aplikasi lain seperti Facebook. Fitur ini juga sudah ada di Twitter, namun hanya tersedia di direct messages (DM).

Uji coba fitur baru Twitter Emoji Reaction. [The Verge]
Uji coba fitur baru Twitter Emoji Reaction. [The Verge]

Akan tetapi, pilihan emoji reaction yang disediakan di timeline Twitter berbeda dengan yang sudah ada di DM. Salah satu emoji di DM yang tidak disertakan adalah tombol jempol ke bawah.

Kemudian apa yang ada di Facebook seperti emoji marah juga tidak disediakan Twitter. Hal ini disebabkan karena beberapa orang yang disurvei khawatir bisa menerima reaksi negatif dalam tweetnya.

Bisa dibilang ini cukup masuk akal karena banyaknya cuitan toksik yang beredar Twitter.

Baca Juga: Terungkap! Isu Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Banyak Disebar Akun Robot di Medsos

Twitter menyebut fitur ini akan diluncurkan di Turki dalam beberapa hari ke depan. Emoji Reaction ini akan muncul di Twitter versi iOS, Android, maupun browser.

Komentar