alexametrics

Rumus Massa Jenis dalam Fisika Lengkap dengan Contoh Soalnya

Rifan Aditya
Rumus Massa Jenis dalam Fisika Lengkap dengan Contoh Soalnya
Rumus massa jenis dan contoh soalnya - Ilustrasi rumus matematika, rumus fisika, rumus kimia. (Suara.com/Ema Rohimah)

Pelajaran tentang massa jenis relatif dekat dengan kehidupan sehari-hari. Makanya mengetahui rumus massa jenis juga penting.

Suara.com - Rumus massa jenis adalah salah satu materi pelajaran sains, yakni fisika. Massa jenis disebut juga dentitas yang terdapat pada suatu benda, baik itu cair, padat, maupun gas.

Massa jenis dapat diartikan sebagai pengukuran massa setiap satuan volume benda. Pelajaran tentang massa jenis relatif dekat dengan kehidupan sehari-hari. Makanya mengetahui rumus massa jenis juga penting. 

Contoh di kehidupan sehari-hari, fenomena air dan minyak yang tidak tercampur di dalam gelas karena keduanya memiliki massa jenis yang berbeda. Massa jenis air lebih besar dibandingkan minyak. Oleh karena itu, mempelajari rumus massa jenis sangatlah penting.

Pengertian Massa Jenis

Baca Juga: Perbedaan Massa dan Berat beserta Definisinya

Dalam ilmu Fisika, pengertian massa jenis adalah ukuran kerapatan suatu benda yang dinyatakan dalam berat benda tiap satuan volume benda tersebut.

Sebagai patokan, air memiliki massa jenis 1000 kilogram per meter kubik. Maka zat dengan massa jenis lebih besar akan tenggelam dalam air. Misalnya, bila dimasukan besi dengan massa jenis 7874 kilogram per meter kubik kedalam air tersebut, maka akan tenggelam.

Contoh lainnya, udara memiliki massa jenis 1,2 kilogram per meter kubik yang berarti massa jenisnya lebih besar dari massa jenis air. Hal inilh yang menyebabkan terdapat gelembung udara naik dari dasar gelas ke permukaan.

Massa jenis disimbolkan (ρ) yang dibaca 'rho'. Sementara itu, massa benda disimbolkan dengan huruf (m), dan volume benda (v).

Rumus Massa Jenis

Baca Juga: Hukum Kekekalan Energi: Definisi, Rumus, Jenis, Penerapan

Berikut rumus massa jenis:

ρ = m/V

Satuan untuk massa jenis antara lain:

  • kilogram per meter kubik (kg/m pangkat 3)
  • kilogram per liter (kg/L)
  • gram per mililiter (g/mL)
  • miligram per desiliter (mg/dL)
  • metrik ton per meter kubik (t/m pangkat 3)
  • gram per kubik sentimeter (g/cc).

Contoh Soal Rumus Massa Jenis

Berikut contoh soal dan penjelasannya.

Sebuah benda yang bermassa 150 gram dimasukkan ke dalam gelas ukur berisi air 50 mL. Setelah dimasukkan benda, volume air menjadi 100 mL. Tentukan berapa massa jenis batu tersebut.

Jawab:

m = 150 gram
V = V akhir - V awal = 100-50 mL = 50 mL (cm kubik/pangkat3).

ρ = m/V
ρ = 150gr / 50mL = 3 gr/mL bila dikonversikan ke kg/L maka menjadi 3000 kg/L  

Itulah rumus massa jenis dan contoh soalnya. Semoga dapat dipahami.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar