alexametrics

Perbedaan Massa dan Berat beserta Definisinya

Rifan Aditya
Perbedaan Massa dan Berat beserta Definisinya
Perbedaan Massa dan Berat beserta Definisinya - Ilustrasi rumus matematika, rumus fisika, rumus kimia. (Suara.com/Ema Rohimah)

Simak ulasan tentang perbedaan massa dan berat beserta definisinya, berikut ini.

Suara.com - Dalam Fisika ada sebuah istilah yang mengacu pada berat sebuah benda. yaitu massa dan berat. Keduanya istilah itu dianggap memiliki kesamaan arti. Padahal ada perbedaan massa dan berat yang sangat jelas.

Istilah massa dan berat dalam pelajaran Fisikan pun sangat berbeda. Rumus yang berkaitan dengan massa dan berat juga berbeda. Maka dari itu simak ulasan tentang perbedaan antara massa dan berat beserta definisinya, berikut ini.

Keduanya adalah istilah yang memiliki singgungan secara langsung dengan gravitasi, maka dari itu tidak heran jika masih banyak yang beranggapan bahwa keduanya merupakan hal yang sama.

Definisi Massa

Baca Juga: Belajar Online: Rumus Keliling Persegi Panjang Paling Mudah Lengkap dengan Contoh Soal

Massa adalah sebuah tolak ukur yang digunakan untuk menghitung besaran materi yang terdapat dalam sebuah benda, maka dari itu massa yang dimiliki oleh setiap benda sifatnya pasti akan selalu sama. Artinya dimanapun benda tersebut berada, selama di situ terdapat gravitasi maka beratnya akan tetap sama.

Massa dilambangkan dengan simbol m atau M.

Definisi Berat

Sedangkan, berat adalah besaran gaya gravitasi yang terdapat di bumi yang memiliki pengarhuh terhadap sebuah benda. Sebagai contoh mengapa terdapat perbedaan berat benda yang terdapat di permukaan bumi dan yang ada di bulan? Hal tersebut terjadi karena berat berati mempengaruhi ukuran gaya gravitasi yang ada pada benda tersebut.

Secara mudahnya seperti ini, gaya gravitasi yang dimiliki oleh bumi jumlahnya lebih besar dibandingkan dnegna gaya gravitasi yang dimiliki oleh bulan. Pengaruh dari gaya tersebutlah yang membuat berat sebuah benda yang ada di bumi lebih besar dibandingkan dengan beratnya ketika berada di bulan.

Baca Juga: Rumus Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soalnya

Secara simbolik berat umumnya dilambangkan dengan simbol W, untuk dapat menghitung berat rumus yang digunakan adalah massa (M) x percepatan gravitasi (g) = berat (W).

Perbedaan Massa dan Berat

Perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa komponen yang membedakan antara massa dan berat. Berikut adalah beberapa perbedaan massa dan berat:

1.       Definisi

Perbedaan yang paling mudah untuk dipahami antara massa dan berat ialah dari definisinya.

2.       Nilai

Perbedaan massa dan berat yang kedua adalah dari nilai yang dimiliki oleh keduanya, Nilai massa cenderung memiliki sifat yang konstan dimanapun dan kapanpun. Sedangkan Nilai berat benda lebih variative, bergantung pada besaran gravitasi yang ada di sekitar benda tersebut.

3.       Satuan

Satuan yang digunakan antara berat dan massa pun berbeda. Massa menggunakan satuan seperti kilogram (kg), gram (g) dan milligram (mg). Sedangkan satuan berat menggunakan satuan ukur Newton (N).

4.       Alat Ukur

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur keduanya menggunakan alat yang sama, yakni ohauss, neraca tuas atau neraca pegas digital.

5.       Jenis Besaran

Perbedaan massa dan berat yang terakhir ialah jenis besaran yang ada antara massa dan berat, massa menggunakan jeni besaran scalar dan dasar sedangkan berat menggunakan jenis besaran turunan dan vector.

Demikian adalah ulasan tentang perbedaan massa dan berat beserta definisinya, semoga dapat membantu anda dalam memahami

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar