alexametrics

Kabar Duka, Clive Sinclair, Penemu Komputer Pribadi ZX Spectrum, Tutup Usia

Dythia Novianty
Kabar Duka, Clive Sinclair, Penemu Komputer Pribadi ZX Spectrum, Tutup Usia
Clive Sinclair. [Adrian Dennis/AFP]

Clive Sinclair, yang menemukan Sinclair ZX Spectrum, komputer pribadi awal, meninggal.

Suara.com - Clive Sinclair, yang menemukan Sinclair ZX Spectrum, awal PC, meninggal karena kanker pada Kamis (16/9/2021) pada usia 81 tahun, seperti dikonfirmasi keluarganya.

Clive Sinclair adalah seorang penemu dengan daftar produk elektronik yang mengesankan atas namanya, seperti kalkulator sakunya dan ada juga yang tidak berhasil, seperti kendaraan "sepeda roda tiga listrik" Sinclair C5.

Lahir di Inggris pada 1940, Sinclair memiliki bakat membuat gadget. Kalkulator saku "ramping" Sinclair Executive, dirilis pada 1972, terjual dengan baik dan pada satu titik dipajang di Museum Seni Modern.

Komputer pribadi ZX Sinclair dihargai lebih rendah daripada Commodore 64 yang populer saat itu, dan sangat disukai oleh konsumen di Inggris.

Baca Juga: LENGKAP Penjelasan Hukum Kekekalan Massa, Pengertian Serta Contoh Soal

ZX Spectrum (dijuluki "Speccy") memiliki keyboard karet dan layar warna, dan akhirnya perpustakaan ribuan game, dilansir dari The Verge, Minggu (19/9/2021).

Model pertama memiliki 16KB RAM dan dijual seharga 125 poundsterling atau sekitar Rp 2,45 juta. ZX Spectrum terjual sekitar 5 juta unit di seluruh dunia, sebelum dihentikan pada 1992.

Cuitan Elon Musk. [Twitter]
Cuitan Elon Musk. [Twitter]

Banyak dari penemuan Sinclair yang kurang berhasil kemudian divalidasi seperti Jam Tangan Hitam Sinclair, yang menggunakan "teknologi sirkuit terpadu" menurut iklan cetak tahun 1970-an.

Meskipun tidak terlalu menarik perhatian, tetapi tampaknya jam tersebut dapat menginspirasi beberapa pelacak kebugaran yang dikenakan semua orang di pergelangan tangan mereka sekarang.

Televisi saku TV80 Sinclair tidak populer pada masa itu, tetapi sekarang kita semua membawa layar kecil ke mana pun kita pergi.

Elon Musk tweeted belasungkawa pada hari Kamis, mengatakan dia "mencintai" ZX Spectrum.

Baca Juga: Belajar Kimia: Pengertian dan Contoh Soal Hukum Kekekalan Massa

Kendaraan listrik Sinclair C5, yang diluncurkan pada 1985 dengan harga mulai sekitar 399 poundsterling atau kisaran Rp 7,81 juta, juga tidak disukai konsumen.

Kamu harus mengayuhnya ketika baterai mati dan ketika duduk, operator berada di bawah garis pandang kebanyakan mobil di jalan.

C5 adalah kendaraan satu orang. Mungkin berlebihan untuk menyebutnya sebagai pendahulu Tesla, tetapi Sinclair melakukan sesuatu, mungkin hanya beberapa dekade di depan masyarakat umum.

“Itu adalah ide, tantangan, yang menurutnya menarik. Dia akan datang dengan sebuah ide dan berkata, 'Tidak ada gunanya menanyakan apakah seseorang menginginkannya, karena mereka tidak dapat membayangkannya,” kata putri Sinclair, Belinda dalam sebuah wawancara dengan The Guardian.

Meskipun menerima gelar kebangsawanan pada 1983 atas kontribusinya pada industri komputer Inggris, dan menjadi pelopor dalam bidang elektronik konsumen, Sinclair lebih memilih penggaris gesernya daripada kalkulator.

Sinclair C5. [Wikipedia]
Sinclair C5. [Wikipedia]

Dia mengatakan dia menemukan internet dan email "mengganggu," dan tidak menggunakannya.

Selain Belinda, Sinclair meninggalkan seorang putra Crispin dan Bartholomew, lima cucu dan dua cicit.

Komentar