facebook

Simbiosis Mutualisme: Contoh, Pengertian dan Perbedaan dengan Simbiosis Lainnya

Rifan Aditya
Simbiosis Mutualisme: Contoh, Pengertian dan Perbedaan dengan Simbiosis Lainnya
Simbiosis Mutualisme: Contoh, Pengertian dan Perbedaan dengan Simbiosis Lainnya - Migrasi kupu-kupu raja, Monarch butterfly. [Science Direct]

Berikut ini penjelasan simbiosis mutualisme termasuk dengan contohnya.

Suara.com - Dalam suatu kehidupan, terdapat beragam interaksi yang terjadi antara makhluk hidup, atau biasa disebut dengan simbiosis. Mungkin kalian sering mendengar istilah simbiosis mutualisme.

Tapi apakah anda tahu apa itu simbiosis mutualisme? Perlu diketahui, simbiosis sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Berikut ini penjelasan simbiosis mutualisme termasuk dengan contohnya. Selain itu, kalian juga perlu mengetahui penjelasan tentang perbedaan simbiosis mutualisme dengan simbiosis lainnya.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Baca Juga: Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda namun saling menguntungkan satu sama lain. Hubungan ini sangat baik karena menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Contoh simbiosis mutualisme adalah kupu-kupu dengan bunga. Kupu-kupu menghisap nektar pada bunga, sedangkan sebagai timbal-baliknya bunga matahari mendapat bantuan dari gerakan kupu-kupu untuk penyerbukan.

Contoh kedua yaitu simbiosis mutualisme antara manusia dengan bakteri. Dengan adanya bakteri E.Coli manusia terbantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses pembusukan di usus besar. Sementara bakteri E.Coli mendapat keuntungan karena mendapat makanan dari sisa-sisa pembuangan usus besar.

Perbedaan Simbiosis Mutualisme dengan Lainnya

Baca Juga: 5 Hewan ini Mampu Hidup Tanpa Makanan Bertahun-tahun Buaya Salah Satunya

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (9/7/2021) berikut perbedaan simbiosis komensalisme, simbiosis mutualisme, dan simbiosis parasitisme.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar