alexametrics

Macam-macam Hewan Ovovivivar Lengkap dengan Cara Perkembangbiakannya

Rifan Aditya
Macam-macam Hewan Ovovivivar Lengkap dengan Cara Perkembangbiakannya
Macam-macam Hewan Ovovivivar Lengkap dengan Cara Perkembangbiakannya - Iguana. [Javier Salguero/Pixabay]

Ovovivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan. Apa kalian tahu macam-macam hewan ovovivivar?

Suara.com - Ovovivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan. Apa kalian tahu macam-macam hewan ovovivivar?

Perkembangbiakan ovovivipar disebut juga perkembangbiakan generatif, yang mana pembuahan terjadi setelah sel telur dan sel sperma menghasilkan zigot. Diketahui, perkembangbiakan pada hewan dibedakan jadi tiga macam, yakni ovivar (bertelur), vivivar (melahirkan), dan ovovivivar (bertelur dan melahirkan).

Hewan ovovivipar bertelur, kemudian menyimpan telur tersebut di dalam tubuhnya. Lalu, telur tersebut mendapat nutrisi yang berasal dari kuning telur. Telur kemudian menetas, lalu keluar dari sang induk seperti melahirkan.

Macam-macam Hewan Ovovivipar 

Baca Juga: Ketahui 5 Tanda Tanaman Diserang Hama, Jangan Diabaikan!

Nah, berikut ini hewan yang masuk dalam kelompok ovovivivar atau bereproduksi dengan bertelur dan melahirkan.

1. Hiu

Melansir Shark Sider, beberapa jenis ikan hiu yang berkembang biar secara ovovivipar yaitu cookie cutter (hiu pemotong kue), great white shark (hiu putih), hiu greenland, hiu harimau, hiu buaya, hiu macan pasir, dan angelsharks.

Proses perkembangbiakannya, hiu betina akan menyimpan telur dalam tubuhnya sampai menetas. Biasanya, hanya anak hiu yang paling kuat yang akan bertahan hingga dilahirkan oleh induknya.

2. Kuda Laut

Baca Juga: 10 Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga Secara Aman, Jangan Panik Berlebihan!

Hewan yang masuk kelompok ovovivivar lainnya yaitu Kuda laut. Pada proses perkembangbiakannya, Setelah terjadi pembuahan sel telur, sang induk (betina) akan mentransfer sel telur tersebut ke tubuh kuda laut jantan.

Komentar