alexametrics

iPhone 13 Segera Mendarat di Indonesia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
iPhone 13 Segera Mendarat di Indonesia
Poster iPhone 13 di situs Apple Indonesia. [apple.com/id]

Poster iPhone 13 sudah muncul di situs Apple Indonesia.

Suara.com - September lalu, Apple resmi merilis jajaran iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan iPhone 13 Mini secara global. Keempat ponsel ini disinyalir bakal segera hadir ke Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan munculnya banner iPhone 13 di situs Apple Indonesia. Laman ini membagi iPhone 13 Pro dan iPhone 13 reguler bersamaan dengan ringkasan spesifikasinya.

"iPhone 13. Ponsel. Paling.Pro." bunyi keterangan di atas gambar iPhone 13 di situs Apple Indonesia.

"Cek kembali untuk informasi ketersediaan," bunyi keterangan lebih lanjut.

Baca Juga: Genshin Impact Kini Dukung 120 fps di iPhone 13 Pro dan iPad Pro

Selanjutnya, lini iPhone 13 juga sudah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian sejak 30 September lalu. Nilai TKDN ini mencapai 30 persen, yang berarti ponsel sudah bisa dijual di Indonesia.

Keempat ponsel muncul dengan tipe model Apple iPhone A2628, A2633, A2638, dan A2643. Jika ditelusuri, ini merupakan nomor model dari iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Pengajuan TKDN iPhone 13 ini dilakukan oleh PT Apple Indonesia. Namun spesifikasi TKDN masih menuliskan ponsel hanya mendukung internet 4G LTE, padahal iPhone 13 sudah bisa internet 5G.

Selain TKDN, iPhone 13 series juga sudah mendapatkan sertifikasi Postel Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pengajuan sertifikasi Postel Ditjen SDPPI ini dilakukan oleh tiga pihak berbeda, yakni PT Apple Indonesia, PT Erajaya Swasembada Tbk, dan Mapple Mitra Adiperkasa.

Baca Juga: iPhone 13 Pro dan Nokia 3310 Dijatuhkan dari Ketinggian, Lebih Tangguh Mana?

Sebagai informasi, kedua nama terakhir merupakan distributor resmi produk Apple di Indonesia. Mereka adalah iBox dari Erajaya Group dan Digimap dari MAP Group.

Komentar