alexametrics

Penonton Meningkat, MPL ID Season 8 Pecahkan Rekor Anyar

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Penonton Meningkat, MPL ID Season 8 Pecahkan Rekor Anyar
MPL ID Season 8. [Instagram/@mpl.id.official]

Jumlah penonton di MPL ID Season 8 mengalahkan total pemirsa dari Fortnite World Cup 2019.

Suara.com - Setelah lebih dari delapan pekan, MPL ID Season 8 usai digelar pada Minggu (24/10/2021). Data dari Esports Charts mengungkapkan bahwa Mobile Legends Professional League Indonesia Season 8 (MPL ID Season 8) memecahkan rekor jumlah penonton puncak dibandingkan kompetisi sebelumnya.

Esports Charts sendiri merupakan sebuah layanan analitik yang mengamati tren pengembangan dan streaming eSports secara umum.

Platform tersebut sering mencatat perkembangan hingga jumlah penonton puncak (Peak Viewers) dalam suatu turnamen atau pertandingan eSports.

Berdasarkan statistik dari Esports Charts, MPL ID Season 8 mencapai jumlah Peak Viewers (PV) sebanyak 2.392.579. Angka ini menunjukkan bahwa PV yang ditargetkan oleh Moonton sebelumnya telah tercapai.

Baca Juga: 7 Momen Pemain Dari Jendela SMP Main Dolanan Game, Dianggap Tiru Squid Game

Perwakilan dari Moonton Indonesia memang pernah menargetkan MPL ID Season 8 meraih 2 juta Peak Viewers. Tak hanya 2 juta, salah satu pertandingan di MPL ID Season 8 justru meraih 390 ribu penonton lebih tinggi dibandingkan target awal.

MPL ID Season 8 mencetak rekor baru. (Esports Charts)
MPL ID Season 8 mencetak rekor baru. (Esports Charts)

"Pada dasarnya kita memang ingin sekali memiliki target yang jauh lebih tinggi. Secara event, kita ingin ada peningkatan dibandingkan season sebelumnya. Untuk saat ini, yang bisa kita bilang adalah kita berusaha memecahkan rekor itu, sampai dengan 2 juta Peak Viewer," kata Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Moonton Indonesia pada Agustus lalu.

Angka 2,39 juta PV lebih tinggi dibandingkan pencapaian MPL ID Season 7 dengan raihan 1,83 juta Peak Viewers. Esports Charts mencatat bahwa angka 2,39 juta PV ini didapatkan dari pertandingan ONIC vs EVOS Legends di babak Final Lower Bracket pada Minggu (24/10/2021).

MPL ID Season 8 tembus 2,39 juta Peak Viewers. (Esports Charts)
MPL ID Season 8 tembus 2,39 juta Peak Viewers. (Esports Charts)

Sementara laga Grand Final antara RRQ vs ONIC meraih jumlah PV terbanyak kedua di angka 2,37 juta. Esports Charts membandingkan bahwa MPL ID Season 8 mengalahkan jumlah penonton dari laga final Fortnite World Cup 2019 yang meraih 2,33 juta PV.

"MPL ID Season 8 sangat sukses dalam hal minat pemirsa. Ini adalah acara Mobile Legends terpopuler kedua dari jumlah Peak Viewers dan yang paling banyak ditonton dalam kategori Hours Watched. Bahkan masuk 10 besar dalam kedua metrik di seluruh sejarah eSports. Pemirsa menghabiskan lebih dari 76,9 juta jam menonton siaran liga. Ini adalah jumlah terbesar di antara semua turnamen eSports seluler, dan ke-7 di antara semua acara di eSports," tulis Esports Charts dikutip dari situs resminya.

Baca Juga: ONIC Drian Tanggapi Taunting RRQ Hoshi di Grand Final MPL Season 8

Mengingat MPL ID Season 8 telah memecahkan rekor, cukup menarik menunggu kiprah M3 World Championship mendatang. Turnamen eSports Mobile Legends tingkat dunia itu dijadwalkan bakal berlangsung mulai Desember mendatang.

Komentar