alexametrics

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Rifan Aditya
Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui - Lampu UV tenaga surya di lahan pertanian bawang putih daerah Kota Batu (DW Indonesia)

Ada banyak jenis sumber daya terbarukan. Berikut ini sejumlah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Suara.com - Ketika berbicara soal sumber daya alam, hal yang selalu jadi pertanyaan ialah tentang keberlanjutan. Lalu apa saja yang termasuk contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui?

Ada sejumlah sumber daya alam yang memang tidak akan pernah habis, contohnya sinar matahari. Melansir dari solarreviews, berikut ini contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, selain energi matahari.

Energi Matahari

Menggunakan tenaga surya adalah pilihan energi terbarukan yang paling praktis bagi pemilik rumah, individu dan industri. Anda dapat menghubungkan panel surya fotovoltaik ke atap Anda dan menyesuaikan ukuran sistem Anda tergantung pada jumlah energi yang dibutuhkan rumah Anda.

Baca Juga: BKSDA-KPC-COP Lepasliarkan Satu Orangutan ke Hutan Lindung Sungai Lesan

Tenaga surya termasuk dalam kategori “terbarukan” karena panel dapat menghasilkan energi selama bertahun-tahun hanya dengan menyerap sinar matahari. Setelah panel surya diproduksi dan dipasang, yang mereka lakukan hanyalah duduk di sana dan menciptakan energi.

Setelah pembuatan sumber daya terbarukan seperti panel surya, mereka menghasilkan energi bebas polusi untuk masa hidup mereka. Salah satu tantangan dengan panel surya adalah bahwa pada akhir siklus hidupnya, yang biasanya 25-30 tahun, mereka perlu didaur ulang. Namun, saat ini tidak ada cara yang efektif untuk mendaur ulang panel surya.

Angin

Ladang kincir angin di Westermeerdijk Urk, Belanda (Shutterstock)
Ladang kincir angin di Westermeerdijk Urk, Belanda (Shutterstock)

Energi angin agak rumit - Anda memerlukan sebidang tanah yang cukup luas, angin yang cukup besar di daerah Anda, dan kemampuan untuk membayar biaya pemasangan yang tinggi. Ini bisa menjadi praktis jika Anda tinggal di pertanian dan menghasilkan tenaga angin yang cukup yang kemudian dapat dijual ke perusahaan utilitas.

Energi panas bumi

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik, Pemerintah Janji Dukung Pengembangan Penunjang Migas

Energi panas bumi mungkin merupakan sumber daya terbarukan yang paling belum dimanfaatkan. Tenaga panas bumi bekerja dengan menggunakan pompa panas panas bumi untuk menggunakan panas dari inti bumi untuk menghasilkan listrik. Energi panas bumi paling mudah digunakan di daerah dengan lempeng tektonik yang sangat aktif dan aktivitas gunung berapi, seperti Islandia atau pantai barat AS.

Komentar