facebook

iPhone USB-C Pertama Dijual di eBay Seharga Rp 1,22 Miliar

Dythia Novianty
iPhone USB-C Pertama Dijual di eBay Seharga Rp 1,22 Miliar
USB-C iPhone. [YouTube/Kenny Pi]

IPhone X dimodifikasi yang memiliki port USB-C alih-alih port Lightning, telah dijual di eBay.

Suara.com - IPhone X dimodifikasi yang memiliki port USB-C alih-alih port Lightning, telah dijual di eBay dengan harga 86.001 dolar AS atau Rp 1,22 miliar.

Ponsel, yang merupakan karya mahasiswa teknik robotika Kenn Pillonel, dapat menggunakan konektor fisik untuk mengisi daya dan mentransfer data.

Pillonel memperingatkan bahwa pembeli tidak boleh menggunakan perangkat inovatif sebagai telepon biasa, membongkarnya, atau memperbarui OS, yang dapat berisiko merusaknya.

Sebagaimana melansir laman The Verge, Senin (15/11/2021), fakta bahwa mod telah terjual lebih dari delapan puluh kali lipat dari harga jual aslinya, seharusnya tidak terlalu mengejutkan.

Baca Juga: Kreatif! Teknisi Berhasil Modifikasi iPhone X, Ganti Port Lightning dengan USB-C

Meskipun Pillonel telah membuka sumber karyanya pada proyek di repositori Github yang berisi detail teknis, instruksi CNC, dan informasi tentang PCB khusus yang digunakan desain, sebenarnya mereplikasi modifikasi bukanlah hal yang mudah.

Terutama karena melibatkan pemasangan sirkuit ekstra ke dalam sasis telepon.

USB-C iPhone pertama dijual di eBay. [eBay]
USB-C iPhone pertama dijual di eBay. [eBay]

Lelang dimulai hanya dengan 1 dolar AS, tetapi penawaran telah mencapai lebih dari 3.000 dolar AS pada akhir hari pertama, sebelum dengan cepat naik menjadi puluhan ribu.

Ada juga beberapa tawaran yang jauh lebih tinggi sekitar 100.000 dolar AS yang ditarik sebelum lelang berakhir. Secara total ada 116 tawaran.

Meskipun prototipe sekarang telah dijual, Pillonel sebelumnya mengatakan bahwa dia bermaksud untuk terus bekerja meningkatkan elemen-elemen seperti pengisian cepat iPhone USB-C, anti air, dan menambahkan dukungan untuk aksesori USB-C.

Baca Juga: Aturan Baru Wajibkan Semua Ponsel Pakai Charger USB-C, Apple Terimbas

Komentar