alexametrics

5 Sifat-sifat Magnet yang Perlu Anda Ketahui

Rifan Aditya
5 Sifat-sifat Magnet yang Perlu Anda Ketahui
5 Sifat-sifat Magnet yang Perlu Anda Ketahui - Ilustrasi bola magnet. [Shutterstock]

Salah satu entitas yang selalu menarik untuk dibahas adalah magnet. Mengapa demikian? Karena sifat-sifat magnet yang cukup unik.

Suara.com - Salah satu entitas yang selalu menarik untuk dibahas adalah magnet. Mengapa demikian? Karena sifat-sifat magnet yang cukup unik.

Secara alami, magnet memiliki kemampuan untuk menarik benda berbahan logam untuk mendekat ke arahnya. Tentu saja kali ini kita akan menyoroti sifat-sifat magnet secara lebih mendetail.

Sifat-Sifat Magnet secara Umum

Seperti yang diungkapkan pada bagian awal tadi, bahwa sifat umum magnet sebenarnya adalah menarik benda-benda berbahan logam. Namun ternyata, sifatnya tidak hanya itu saja. Berikut beberapa sifat magnet lain yang bisa kita pahami bersama.

Baca Juga: Mengenal Sifat, Struktur dan Fungsi Batang pada Tumbuhan

1. Magnet Mampu Menarik Benda

Secara mendasar, magnet mampu menarik benda-benda berbahan logam untuk mendekat ke arahnya. Sifat ini adalah hal alami yang dimiliki magnet, yang kemudian banyak dimanipulasi untuk kepentingan manusia dan membantu kerja banyak hal.

2. Medan Magnet Membentuk Gaya Magnet

Meski secara umum gaya tarik magnet terletak di bagian kutubnya saja (Utara dan Selatan) namun magnet juga memiliki gaya di setiap bagiannya. Gaya ini menjadi medan magnet, dimana kemampuan magnet untuk menarik benda masih ada. Biasanya untuk memperlihatkan hal ini digunakan bubuk logam dan ditaburkan di sekitar magnet.

3. Memiliki Dua Kutub Berlawanan

Baca Juga: Sifat Asam: Merusak Tapi Ada Manfaatnya untuk Tubuh

Sifat magnet yang berikutnya adalah soal dua kutub yang dimilikinya. Magnet memiliki dua kutub yang berlawanan, Utara dan Selatan.

Komentar