alexametrics

3 Sifat-Sifat Bunyi yang Perlu Anda Ketahui

Rifan Aditya
3 Sifat-Sifat Bunyi yang Perlu Anda Ketahui
3 Sifat-Sifat Bunyi yang Perlu Anda Ketahui - Ilustrasi bunyi

Pernahkah terpikir oleh Anda sebenarnya apa itu bunyi? Lalu jika diminta untuk sebutkan sifat-sifat bunyi, apakah Anda sudah mengetahuinya?

Suara.com - Pernahkah terpikir oleh Anda sebenarnya apa itu bunyi? Lalu jika diminta untuk sebutkan sifat-sifat bunyi, apakah Anda sudah mengetahuinya?

Well sebagai satu trivia atau informasi yang bisa diketahui, Anda bisa menyimaknya secara detail tentang sifat-sifat bunyi di artikel ini.

Sifat-Sifat Bunyi

1. Bunyi Membutuhkan Medium untuk Merambat

Baca Juga: Mengenal Beberapa Sifat-sifat Bunyi hingga Jenisnya

Bunyi bisa muncul pada getaran yang dihasilkan oleh benda. Ketika jumlah getaran dan kecepatan sudah sesuai, maka bunyi akan muncul. Dikarenakan hal ini juga, bunyi hanya dapat merambat dengan menggunakan media yang jelas.

Media yang dimaksud adalah perantara berupa benda padat, benda cair, atau benda gas. Tanpa adanya media ini, maka bunyi tidak akan dapat merambat. Jadi kini Anda tahu, bahwa sebenarnya adegan tembak-menembak di luar angkasa benar-benar fiktif, karena di luar angkasa tidak ada zat apapun untuk mengantarkan bunyi.

2. Bunyi Bisa Diserap dan Dipantulkan

Bunyi bisa diserap dan dipantulkan. Hal ini terlihat sangat jelas pada studio-studio musik dan studio rekaman, yang menggunakan peredam suara di bagian dindingnya. Materi yang digunakan biasanya berupa spons, styrofoam, dan materi lain yang memiliki sifat serupa.

Sifat bunyi lain yang masih berkaitan adalah bahwa bunyi bisa dipantulkan. Jika bunyi diserap oleh permukaan yang empuk, maka bunyi akan memantul pada permukaan yang keras. Hal ini paling jelas tampak pada aula yang luas dengan tembok yang terbuat dari beton, dan suara Anda menggema saat berbicara.

Baca Juga: Pengertian, Sifat- sifat bunyi, dan Perbedaannya dengan Nada

3. Bunyi Dapat Dibiaskan

Komentar