alexametrics

Mengenal Beberapa Sifat-sifat Bunyi hingga Jenisnya

Rifan Aditya
Mengenal Beberapa Sifat-sifat Bunyi hingga Jenisnya
Mengenal Beberapa Sifat-sifat Bunyi hingga Jenisnya - Ilustrasi musik. [Soundtrap on Unsplash]

Melansir dari berbagai sumber berikut ini sifat-sifat bunyi hingga jenisnya.

Suara.com - Dalam ilmu fisika, bunyi dihasilkan ketika getaran suatu benda bergerak melalui suatu medium hingga memasuki gendang telinga manusia. Lalu apa saja sifat-sifat bunyi itu?

Bunyi dihasilkan dalam bentuk gelombang tekanan. Ketika sebuah objek bergetar, itu menyebabkan molekul udara di sekitarnya bergetar, memulai reaksi berantai dari getaran gelombang suara di seluruh medium. Melansir dari berbagai sumber berikut ini sifat-sifat bunyi hingga jenisnya.

Sifat-sifat Bunyi

Mengutip dari buku karya Prof. Yohanes Surya, Ph.D berjudul "Getaran dan Gelombang (Persiapan Olimpiade Fisika)" setidaknya ada empat sifat-sifat bunyi atau energi bunyi. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Pengertian, Sifat- sifat bunyi, dan Perbedaannya dengan Nada

1. Bunyi dapat dipantulkan (refleksi)

Sama seperti cahaya, bunyi juga dapat dipantulkan. Fenomena yang membuktikan bahwa sifat bunyi dapat dipantulkan misalnya seperti terjadi gaung atau gema.

2. Bunyi dapat diserap

Kebalingan dari sifat bunyi yang pertama. Selain dapat dipantulkan bunyi juga dapat diserap. Makanya studio musik, ruangan teater atau bioskop memakai peredam untuk menyerap bunyi agar kita yang berada di dalamnya dapat menikmati suara dari alat musik atau film dengan nyaman.

3. Bunyi merambat melalui media

Baca Juga: Jadi Sumber Energi, Ini Fungsi Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh

Terlepas dari sifat-sifat bunyi di atas, yang lebih penting kalian ketahui adalah bunyi merambat melalui suatu media. Entah media itu berupa zat padat, cair, dan gas.

Komentar