facebook

Microsoft dan Qualcomm Kerja Sama Buat Chip di Kacamata AR

Bimo Aria Fundrika | Dicky Prastya
Microsoft dan Qualcomm Kerja Sama Buat Chip di Kacamata AR
Qualcomm. [Shutterstock]

Qualcomm dan Microsoft sama-sama bakal mengembangkan chip Snapdragon baru untuk disesuaikan dengan teknologi AR.

Suara.com - Microsoft dan Qualcomm pernah bekerja sama untuk mengembangkan chip khusus di perangkat Windows. Kini kedua perusahaan bakal kembali berkolaborasi untuk pengembangan chip AR atau augmented reality.

Qualcomm dan Microsoft sama-sama bakal mengembangkan chip Snapdragon baru untuk disesuaikan dengan teknologi AR. Prosesor itu nantinya bakal dipakai di kacamata AR yang dibuat Microsoft.

“Kami mengumumkan bahwa kedua pihak sedang mengembangkan chip Snapdragon AR untuk kacamata AR generasi berikutnya yang hemat daya dan sangat ringan untuk ekosistem Microsoft," kata Cristiano Amon, Chief Executive Officer Qualcomm, dikutip dari Gizmochina, Minggu (9/1/2022).

Dia menyebut kalau kedua perusahaan saat ini tengah mengintegrasikan software chip buatan mereka, baik itu ke platform Microsoft Mesh maupun Qualcomm Snapdragon Spaces XR. Snapdragon Spaces akan sepenuhnya terintegrasi ke Microsoft Mesh dan akan tersedia ke kacamata terbaru.

Baca Juga: Makan Cimol Tak Pakai Kacamata, Wanita ini Nyaris Telan Hal Lain, Publik: 'Emang Mirip'

Logo Microsoft. (Shutterstock)
Logo Microsoft. (Shutterstock)

Sebelumnya Microsoft sudah pernah bekerja sama dengan Qualcomm untuk menghadirkan chip SQ1 dan SQ2 khusus ke perangkat Microsoft Surface Pro X berbasis ARM. Perangkat lain seperti Microsoft HoloLens 2 juga sudah diperkuat chip Snapdragon buatan Qualcomm.

Sebagai informasi, Microsoft Mesh adalah platform realitas campuran (mixed-reality) yang didukung Azure dan ditujukan untuk menciptakan dunia digital seperti metaverse lewat berbagai perangkat. Nantinya, Microsoft Mesh bisa menampung seluruh pengguna di dunia untuk gabung ke dunia digital.

Informasi terbaru, Microsoft Mesh juga segera dihadirkan ke platform video conference milik perusahaan, Microsoft Teams.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar