facebook

Kominfo Pastikan Kesiapan Infrastruktur untuk Laksanakan ASO Tahap Pertama

Liberty Jemadu
Kominfo Pastikan Kesiapan Infrastruktur untuk Laksanakan ASO Tahap Pertama
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan infrastruktur ASO tahap pertama sudah siap. [Antara]

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan infrastruktur ASO tahap pertama sudah siap. Kini sedang membahas distribusi STB ke masyarakat.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memastikan persiapan Analog Switch Off (ASO) tahap pertama sudah mencapai 100 persen dari segi infrastruktur.

Meski demikian, terkait mekanisme sosialiasi serta distribusi set-top-box (STB) kepada rumah tangga miskin masih dalam kajian bersama para penyelenggara multipleksing yang sudah terpilih.

“Untuk tahap satu ASO, seluruhnya infrastruktur telah selesai. Itu artinya nanti pada saat kita laksanakan migrasi analog ke digital, infrastrukturnya sudah siap. Nah yang belum siap di tahap satu adalah perangkat penerimanya, yaitu TV milik masyarakat,” kata Plate dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama TVRI dan Komisi I DPR RI di Jakarta, Selasa (12/1/2022).

Pada ASO tahap pertama, Kementerian Kominfo menjelaskan dibutuhkan sekitar 3 juta STB. Dari segi kewajiban para penyelenggara multipleksing yang telah terpilih diwajibkan memberikan STB kepada rumah tangga miskin.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Penerima Set Top Box TV Digital Gratis dari Kominfo

Selain para penyelenggara multipleksing, Kementerian Kominfo menurut Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postel Siar) 46/2021 juga memiliki kewajiban serupa.

Khusus Kementerian Kominfo ditentukan harus menyediakan 1 juta STB, dan saat ini tengah melakukan pelelangan bagi pihak ketiga untuk bisa mendistribusikannya kepada masyarakat.

Pihak ketiga itu nantinya tidak hanya menyiapkan alur distribusi tapi juga akan memverifikasi penerima bantu STB hingga memastikan perangkat STB di pasang di rumah penerima bantuan. Sementara sisa kekurangan STB yang belum tercukupi akan dipenuhi oleh para penyelenggara multipleksing.

Hal inilah yang tengah dibahas oleh Kementerian Kominfo dan para penyelenggara multipleksing agar pelaksanaan ASO tahap pertama bisa berjalan tepat waktu.

Kominfo juga mengajak DPR Komisi I untuk bisa ikuti memitigasi bersama terkait pemberian STB kepada masyarakat yang telah ditentukan sehingga pada akhirnya program nasional ini bisa berjalan dengan maksimal.

Baca Juga: Kominfo Tetap Lanjutkan Migrasi TV Digital, Meski UU Cipta Kerja Inkonstitusional

“Ini harus kita mitigasi bersama. Saya berterimakasih sekali untuk kesediaan Komisi I mau memitigasi ini, karena sukses ini (ASO), ada sukses kita bersama. Itu tugas kita bersama- sama,” ujar Johnny.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar