facebook

Organ Peredaran Darah pada Burung dan Fungsinya, Mulai Arteri, Kapiler hingga Mesenterik Posterior

Rifan Aditya
Organ Peredaran Darah pada Burung dan Fungsinya, Mulai Arteri, Kapiler hingga Mesenterik Posterior
organ peredaran darah pada burung, ilustrasi burung (pixabay.com)

Burung memiliki organ peredaran darah yang berfungsi mengangkut nutrisi, oksigen, dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan organ peredaran darah pada burung dan fungsinya.

Suara.com - Organ peredaran darah pada burung dan fungsinya akan kita bahas kali ini. Burung memiliki sistem kardiovaskular yang sangat efisien yang memungkinkan mereka untuk memenuhi tuntutan metabolisme saat terbang, berlari, berenang, atau menyelam.

Sistem kardiovaskular tidak hanya memberikan oksigen ke sel-sel tubuh (dan menghilangkan limbah metabolik) tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh burung. Organ peredaran darah pada burung atau unggas pada umumnya terdiri dari jantung ditambah pembuluh yang mengangkut:

  • Nutrisi
  • Oksigen dan karbon dioksida
  • Produk limbah
  • Hormon
  • Energi panas ke seluruh tubuh yang diperlukan agar tubuh burung tetap hangat

Dikutip dari people.eku.edu, burung, seperti mamalia, memiliki jantung 4 bilik (2 atrium dan 2 ventrikel), dengan pemisahan lengkap darah beroksigen dan de-oksigenasi. Ventrikel kanan memompa darah ke paru-paru, sedangkan ventrikel kiri memompa darah ke seluruh tubuh.

Karena ventrikel kiri harus menghasilkan tekanan yang lebih besar untuk memompa darah ke seluruh tubuh (berbeda dengan ventrikel kanan yang memompa darah ke paru-paru), dinding ventrikel kiri jauh lebih tebal dan lebih berotot. 

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Burung Kenari, Si Cantik Bersuara Merdu yang Jadi Hewan Peliharaan Favorit Banyak Orang

Burung cenderung memiliki jantung yang lebih besar daripada mamalia (relatif terhadap ukuran tubuh dan massa). Jantung burung yang relatif besar mungkin diperlukan untuk memenuhi tuntutan metabolisme penerbangan yang tinggi.

Sementara itu, burung yang lebih kecil memiliki jantung yang relatif lebih besar (sekali lagi relatif terhadap massa tubuh) daripada burung yang lebih besar. Burung kolibri memiliki jantung terbesar (relatif terhadap massa tubuh) dari semua burung, mungkin karena ia terbang melayang lebih lama dan membutuhkan begitu banyak energi. 

Jantung burung juga cenderung memompa lebih banyak darah per satuan waktu daripada jantung mamalia. Dengan kata lain, curah jantung (jumlah darah yang dipompa per menit) untuk burung biasanya lebih besar dari itu untuk mamalia dengan massa tubuh yang sama.

Curah jantung dipengaruhi oleh detak jantung (denyut per menit) dan volume stroke (darah dipompa dengan setiap detak).  Burung 'aktif' meningkatkan curah jantung terutama dengan meningkatkan detak jantung. 

Darah yang dipompa oleh jantung burung memasuki pembuluh darah. Berikut organ peredaran darah pada burung dan fungsinya: 

Baca Juga: 5 Jenis Burung Lovebird Lengkap dengan Ciri Khas dan Habitatnya, Bisa Jadi Hewan Peliharaan yang Menggemaskan

  1. Arteri - membawa darah dari jantung ke seluruh sel-sel tubuh 
  2. Arteriol - 'mendistribusikan' darah (yaitu, darah langsung di mana diperlukan lebih banyak di jaringan aktif dan jaringan yang kurang aktif) dengan vasodilatasi dan vasokonstrik.
  3. Kapiler - melakukan pertukaran nutrisi, gas, dan produk limbah antara darah dan sel-sel tubuh.
  4. Venula (vena kecil) & vena - melakukan darah kembali ke jantung
  5. Karoid - memberikan darah ke kepala, terutama otak.
  6. Brachials - mengambil darah ke sayap. 
  7. Dada - memberikan darah ke otot penerbangan (pectoralis). 
  8. Lengkungan sistemik juga disebut aorta - memberikan darah ke semua area tubuh kecuali paru-paru.
  9. Arteri pulmonalis - mengirimkan darah ke paru-paru.
  10. Celiac (atau celiac) - cabang utama pertama dari aorta yang turun dan memberikan darah ke organ dan jaringan di daerah perut bagian atas.
  11. Arteri ginjal - mengirimkan darah ke ginjal.
  12. Femoralis - memberikan darah ke kaki dan arteri kaudal membawa darah ke ekor.
  13. Mesenterik posterior - memberikan darah ke banyak organ dan jaringan di daerah perut bagian bawah. 

Demikian informasi tentang organ peredaran darah pada burung dan fungsinya. Apakah kalian sudah mengerti?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar