facebook

Berusia Miliaran Tahun, Berlian dari Luar Angkasa Dilelang Rp 97,6 Miliar

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Berusia Miliaran Tahun, Berlian dari Luar Angkasa Dilelang Rp 97,6 Miliar
The Enigma, batu berlian hitam. [Instagram/@sothebys]

Sebuah berlian hitam yang diklaim berasal dari luar angkasa akan dilelang dengan harga mulai dari 6,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 97,6 miliar.

Suara.com - Sebuah berlian hitam yang diklaim berasal dari luar angkasa akan dilelang dengan harga mulai dari 6,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 97,6 miliar.

Batu berlian 555,55 karat yang dijuluki The Enigma ini merupakan salah satu berlian terbesar dan terberat di dunia.

Menurut ahli berlian, batu ini diperkirakan jatuh di Bumi jutaan tahun yang lalu dari luar angkasa.

Berlian hitam seperti ini juga disebut sebagai carbonados dan terbentuk dari dampak meteorik ke Bumi, ditempa dari ledakan atau berasal dari asteroid itu sendiri.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Hujan Berlian Terjadi di Uranus dan Neptunus

Berusia satu miliar tahun, batu berlian itu akan dilelang pada 3 Februari hingga 9 Februari di rumah lelang Sotheby di London, Inggris.

Pelelang mengatakan, juga menerima pembayaran cryptocurrency.

The Enigma, batu berlian hitam. [Instagram/@sothebys]
The Enigma, batu berlian hitam. [Instagram/@sothebys]

Menurut House of Gübelin di Swiss dan Gemological Institute of America, The Enigma adalah batu berlian terbesar yang diketahui dari jenisnya dan pertama kali terdaftar di Guinness World Records pada 2006.

Sementara itu, Sotheby mengatakan publisitas tahun ini menandai pertama kalinya berlian itu dipamerkan secara publik.

Setelah pembukaan di Dubai Diamond Exchange minggu ini, The Enigma akan kembali ditampilkan secara publik di Los Angeles pada 24-26 Januari, sebelum kembali ke rumah lelang di London pada Februari.

Baca Juga: So Sweet! Istri Sukses Diet, Suami Beri Hadiah Cincin Berlian

Sesuai dengan beratnya, berlian itu juga dipotong dengan 55 segi, suatu prestasi teknis untuk salah satu berlian terberat yang pernah ada.

"Bentuk berlian didasarkan pada simbol telapak tangan Timur Tengah Khamsa, yang memiliki arti kekuatan dan perlindungan," kata Sophie Stevens, spesialis perhiasan di Sotheby, dikutip dari New York Post, Kamis (20/1/2022).

Berlian hitam itu sebelumnya milik seorang anonim yang tak ingin disebutkan identitasnya, meskipun hingga saat ini tidak jelas di mana dan bagaimana berlian itu muncul.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar