facebook

Kominfo Sahkan Kerja Sama dengan Telkomsel dan XL untuk Bangun Jaringan 4G di Wilayah 3T

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Kominfo Sahkan Kerja Sama dengan Telkomsel dan XL untuk Bangun Jaringan 4G di Wilayah 3T
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bakti Kominfo dengan XL Axiata dan Telkomsel untuk menghadirkan jaringan internet 4G di wilayah 3T disaksikan oleh Menteri Kominfo Johnny G.Plate di Jakarta Pusat, Selasa (25/1/2022). [Antara/Livia Kristianti]

Bakti Kominfo akan membangun 7.904 BTS. Sementara Telkomsel dan XL Axiata akan memanfaatkan ribuan BTS tersebut untuk menyediakan layanan internet 4G.

Suara.com - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi mengesahkan kerja sama dengan Telkomsel dan XL Axiata untuk menyediakan layanan internet 4G di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Menkominfo Johnny G. Plate pada peresmian kerja sama itu menyatakan bahwa langkah yang diambil Bakti Kominfo merupakan upaya untuk menyediakan layanan 4G yang setara bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami bersama inginkan agar equality dalam layanan telekomunikasi, di era transformasi digital, di era disrupsi teknologi, di era pandemi dan post-pandemi bagi masyarakat dapat terlayani dengan baik. No one will be left behind,” pidato Plate sebelum acara penandatangan kerja sama di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Telkomsel dan XL Axiata bakal memanfaatkan 7.904 Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau Bakti Kominfo.

Baca Juga: Jaringan 3G Bakal Dihapus, Telkomsel Terus Tingkatkan Jaringan 4G di Indonesia

"Bakti Kominfo dan dua mitra terpilih akan saling kolaborasi menggunakan aset yang dimiliki agar menghasilkan layanan yang terintegrasi," kata Direktur Utama Bakti Kominfo, Anang Latif dalam acara yang sama.

Bakti Kominfo akan bertanggung jawab untuk membangun serta pembelian infrastruktur BTS 4G, termasuk pembiayaan lahan. Sementara XL dan Telkomsel akan bertanggung jawab untuk penyediaan layanan 4G yang termasuk operasi dan pemeliharaan jaringan secara keseluruhan.

"Sesuai ketentuannya, kerja sama ini dituangkan dalam naskah perjanjian kerja sama antara Bakti Kominfo dan dua mitra terpilih," paparnya.

Perjanjian kerja sama (PKS) ini sudah dilakukan Bakti Kominfo dengan XL Axiata pada 15 Desember 2021. Sementara PKS antara Bakti Kominfo dengan PT Telkomsel sudah diresmikan pada 28 Desember 2021.

Wilayah layanan BTS 4G wilayah 3T ini secara rinci terbagi dalam sembilan area. Adapun pembagian pembangunannya yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Telkomsel Ajak Pelanggan yang Masih Gunakan Internet 3G untuk Hijrah ke 4G

Area 1 - Sumatera dengan mitra terpilih (PT XL Axiata Tbk)
Area 2 - Nusa Tenggara dengan mitra terpilih (PT Telkomsel)
Area 3 - Kalimantan dengan mitra terpilih (PT PT Telkomsel)
Area 4 - Sulawesi dengan mitra terpilih (PT Telkomsel)
Area 5 - Maluku dengan mitra terpilih (PT Telkomsel)
Area 6 - Wilayah Papua Barat dengan mitra terpilih (PT Telkomsel)
Area 7 - Papua Tengah Barat dengan mitra terpilih (PT Telkomsel)
Area 8 - Papua Tengah Utara dengan mitra terpilih (PT Telkomsel)
Area 9 - Wilayah Papua Timur Selatan dengan mitra terpilih (PT Telkomsel).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar