facebook

Siap-siap, Telkomsel Migrasi Layanan 3G ke 4G Mulai Maret Ini

Liberty Jemadu
Siap-siap, Telkomsel Migrasi Layanan 3G ke 4G Mulai Maret Ini
Telkomsel mulai melakukan migrasi layanan 3G ke 4G/LTE pada Maret. Berakhir di Desember 2022. Foto: Ilustrasi jaringan internet 4G Telkomsel. (Dok: Telkom)

Migrasi layanan 3G ke 4G Telkomsel akan digelar dalam empat tahap. Mulai Maret sampai Desember 2022.

Suara.com - Telkomsel, operator seluler anak usaha BUMN telekomunikasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, pada Maret ini memulai migrasi layanan 3G ke 4G/LTE di ratusan kota dan kabupaten di Indonesia.

Melalui pemerataan jaringan broadband ini akan ada semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses internet cepat 4G/LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan, kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat (25/4/2022).

Dengan akses internet yang lebih baik, masyarakat bisa memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari maupun mengakselerasi transformasi digital dalam mendukung aktivitas bisnis hingga tingkat masyarakat di pelosok negeri.

"Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia," kata Nugroho.

Baca Juga: Beberapa Alasan Mengapa Jaringan Internet 3G Harus Ditinggalkan

Peningkatan jaringan dari 3G ke 4G Telkomsel dilakukan secara bertahap, dengan target selesai pada akhir tahun ini. Untuk tahap pertama, pengalihan jaringan akan dilakukan mulai Maret sampai Mei di 90 kabupaten dan kota di Indonesia.

Tahap kedua berlangsung pada Juni sampai Juli di 132 kabupaten dan kota, berlanjut ke tahap berikutnya pada Agustus-Oktober di 178 kabupaten dan kota. Tahap terakhir peningkatan jaringan 3G ke 4G berlangsung pada November-Desember di 104 kabupaten dan kota.

Telkomsel sudah mempersiapkan secara teknis agar migrasi 3G ke 4G/LTE tidak mengganggu pengguna kartu seluler tersebut. Sosialisasi dan mitigasi dilakukan hingga ke tingkat kecamatan di lokasi yang mengalami peningkatan jaringan.

Persiapan migrasi jaringan sudah dilakukan sejak tahun lalu, yaitu menata ulang (refarming) pita frekuensi 2,3GHz untuk penguatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE.

Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengalihkan jaringan ke 4G pada ribuan BTS USO (Universal Public Obligation) di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Baca Juga: Pengamat: Jaringan 3G Dihapuskan, Hal Ini Harus Jadi Perhatian

Untuk menggaet minat masyarakat yang belum beralih ke 4G/LTE, Telkomsel membuat paket bundel kartu perdana dengan kuota data internet dan paket bundel ponsel dengan kuota internet untuk sejumlah wilayah.

Telkomsel juga menyediakan layanan untuk meningkatkan kartu SIM ke uSIM 4G secara luar jaringan dan dalam jaringan. Pengguna bisa datang langsung ke gerai GraPARI atau MyGraPARI untuk mengganti kartu SIM. [Antara]

Komentar