facebook

Tokopedia Pastikan Stok Set Top Box untuk TV Digital Aman

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Tokopedia Pastikan Stok Set Top Box untuk TV Digital Aman
Harga set top box tv digital dinilai murah atau terjangkau. Foto: Set top box tv digital buatan Polytron. [Dok Polytron]

Tokopedia mengatakan set top box mulai digemari dalam layanannya.

Suara.com - Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya memastikan kalau stok Set Top Box atau STB untuk menikmati siaran tv digital masih aman tersedia di platformnya.

Set top box digunakan oleh perangkat tv analog agar bisa mengakses siaran tv digital. Pemerintah secara bertahap, mulai 30 April - 2 November 2022, akan mematikan siaran tv analog dan beralih ke siaran digital. Ini dinamai analog switch off atau ASO.

"Kami memastikan bahwa Tokopedia tetap bisa memenuhi kebutuhan sesuai peraturan pemerintah," kata Ekhel dalam acara Buka Bersama Tokopedia di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Kendati demikian, ia belum bisa menjabarkan data secara rinci terkait ketersediaan STB tv digital. Namun karena STB termasuk kategori barang elektronik, ia mengaku kalau kategori tersebut jadi yang paling banyak digemari masyarakat.

Baca Juga: Parsel hingga Pengharum Ruangan Jadi Barang Paling Diburu di Tokopedia Jelang Lebaran

"Sebetulnya saat ini kami enggak punya data spesifik (terkait STB). Tapi secara elektronik, kategori ini jadi yang paling banyak digemari," tuturnya.

Program ASO sendiri dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai bulan ini hingga November 2022. Kominfo memastikan kalau ketersediaan Set Top Box untuk masyarakat tidak langka seperti halnya minyak goreng.

"Karena STB ini sudah tersedia cukup banyak. Kami harapkan tidak ada kelangkaan seperti minyak goreng," ujar Direktur Jenderal Sumber Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail, dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

"Malah sekarang harganya kompetitif sekali, itu mulai turun dari yang kami amati," jelas dia.

Baca Juga: Tak Harus Beli Televisi Baru untuk Nikmati Siaran TV Digital

Komentar