facebook

Cara Menggunakan Fitur Teks di Instagram

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Cara Menggunakan Fitur Teks di Instagram
Ilustrasi Instagram [Shutterstock]

Pakai opsi Remove Captions untuk menonaktifkan fitur teks.

Suara.com - Instagram saat ini memiliki fitur teks yang dibuat secara otomatis. Namun untuk memunculkan teks tersebut, pengguna harus mengaktifkan fitur itu terlebih dahulu.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menonton video yang diunggah di Instagram dengan teks dan mengetahui apa yang dibicarakan dengan jelas.

Teks yang dibuat secara otomatis tersedia dalam 17 bahasa, mencakup Inggris, Spanyol, Portugis, Perancis, Arab, Vietnam, Italia, Jerman, Turki, Rusia, Thailand, Tagalog, Urdu, Melayu, Hindi, Indonesia, dan Jepang.

Ilustrasi wanita mengirim pesan teks. (pexels/MARTPRODUCTION)
Ilustrasi  menggunakan dukungan fitur teks Instagram (Pexels/MARTPRODUCTION)

Instagram berencana menambahkan dukungan untuk lebih banyak bahasa di masa mendatang.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Kota yang Hilang di Hutan Amazon, Ada Piramida Misterius

Dilansir dari The Verge pada Jumat (27/5/2022), berikut ini cara menggunakan teks di Instagram untuk iPhone dan Android:

1. Mengaktifkan atau menonaktifkan teks untuk semua video

Teks otomatis Instagram dinonaktifkan secara default. Jika pengguna ingin mengaktifkannya untuk setiap video yang muncul di beranda, pengguna hanya perlu menyesuaikannya di pengaturan.

Klik profil di sudut kanan bawah layar > pilih menu garis tiga di kanan atas layar > pilih Settings > buka Account > Captions > aktifkan opsi Captions.

Pengguna dapat mengulangi langkah-langkah yang sama untuk menonaktifkan teks.

Baca Juga: Hidup 72 Juta Tahun Lalu, Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Jepang

2. Mengaktifkan teks untuk satu video

Jika pengguna tidak ingin melihat teks muncul di setiap video, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan fitur tersebut hanya untuk satu video saja.

Untuk melakukannya, klik tiga titik di sudut kanan atas video yang ingin ditonton > jika video mendukung teks, pengguna akan melihat opsi Manage Captions > aktifkan opsi Captions.

3. Cara mengunggah video dengan teks

Pengguna sebagai pembuat konten juga dapat mengunggah video dengan teks. Untuk melakukannya, pertama unggah video dari galeri atau merekamnya secara langsung dalam Instagram.

Setelah selesai, lakukan pengeditan video sesuai keinginan. Pilih Advanced Settings dari menu yang muncul sebelum pengguna memposting video.

Di bawah menu Accessibility, aktifkan toggle Show Captions jika ingin memunculkan teks dalam video yang pengguna unggah.

Jika pengguna lupa mengaktifkan teks sebelum memposting video, pengguna juga tetap dapat menerapkannya dengan cara mengetuk tiga titik di sudut kanan atas video > klik Edit.

Bagi pengguna Android, pengguna cukup memilih opsi Remove Captions untuk menonaktifkannya. Sementara pengguna iPhone dapat mengetuk menu Advanced Settings untuk mengaktifkan atau menonaktifkan teks.

Komentar