facebook

Sandiaga: Butuh Talenta Digital untuk Dorong Perekonomian Indonesia

Liberty Jemadu
Sandiaga: Butuh Talenta Digital untuk Dorong Perekonomian Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Dok: Kemenparekraf)

IDCamp adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk mencetak developer/programer muda.

Suara.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Indonesia masih membutuhkan sebanyak mungkin talenta digital berkualitas untuk mendorong perekonomian nasional.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, kami berupaya meningkatkan talenta digital Indonesia dengan berbagai program," kata Sandiaga saat peluncuran IDCamp 2022 yang diselenggarakan Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Sandiaga yang hadir secara virtual mengatakan, untuk menciptakan talenta digital pemerintah mengajak semua pihak termasuk swasta untuk menciptakan berbagai program, dan salah satunya adalah IDCamp.

Dirinya, sangat mengapresiasi langkah perusahaan telekomunikasi digital itu dalam upaya menciptakan talenta digital berkualitas melalui program IDCamp yang telah terlaksana sejak tahun 2019.

Baca Juga: Sandiaga Uno: 20 Juta UMKM Sudah Transformasi Ke Digital

"Diharapkan dengan banyaknya talenta digital maka perekonomian nasional akan meningkat dan tentunya bisa bersaing di pasar internasional yang kian ketat," katanya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, mengatakan IDCamp adalah salah satu program tanggungjawab sosial perusahaan/CSR di pilar pendidikan digital yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di negara ini.

"Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa," katanya.

Dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30 ribu developer bersertifikat di seluruh program.

IDCamp menargetkan lebih banyak penerima manfaat beasiswa coding online yaitu sebanyak 55.000 peserta.

Baca Juga: Perluas Lapangan Kerja Dengan Pelatihan UMKM, Sandiaga Dukung Pengusaha Lokal

Tahun lalu, program ini telah berhasil mencatatkan 46.025 peserta beasiswa coding online, dengan menghasilkan lebih dari 110.000 total penerima manfaat sejak didirikan pada tahun 2019 .

IDCamp adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk mencetak developer/programer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital.

Komentar