facebook

Facebook Mau Rombak Tampilan Aplikasi Agar Mirip FYP TikTok

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Facebook Mau Rombak Tampilan Aplikasi Agar Mirip FYP TikTok
Facebook disebut akan mencotek algoritma TikTok. Foto: Ilustrasi Facebook (shutterstock)

Facebook akan benar-benar mencontek TikTok.

Suara.com - Mark Zuckerberg dan Eksekutif Meta lainnya berambisi untuk menjadikan TikTok sebagai pesaing mereka. Kini laporan terbaru mengungkap rencana Facebook untuk merombak aplikasi layaknya platform video pendek asal China tersebut.

Dalam memo internal dari petinggi Facebook, platform media sosial itu bakal mengubah ulang tampilan feed yang mengutamakan rekomendasi konten dari kreator, halaman, dan orang lain yang tidak diikuti pengguna.

Memo yang ditulis oleh Tom Alison selaku Kepala Aplikasi Facebook di Meta itu mengatakan kalau tujuan utama perubahan ini untuk membentuk 'Discovery Engine'. Artinya, konten yang ditampilkan sangat bergantung dari rekomendasi, mirip seperti algoritma For You Page ( FYP) ala TikTok.

Dengan demikian, pengguna bakal lebih sedikit melihat update konten dari teman dan keluarga di laman Beranda, termasuk untuk Reels. Perusahaan juga bakal menggabungkan kembali Messenger yang saat ini terpisah dari aplikasi Facebook.

Baca Juga: TikTok Punya Fitur Peringatan Baru, Ajak Pengguna Istirahat dari Aplikasi

Namun tidak ada informasi kapan Meta mau menerapkan perubahan ini. Tapi sebenarnya ini bukan kali pertama Facebook mengumumkan rencana serupa.

April lalu, Mark Zuckerberg selaku CEO mengatakan bahwa perusahaan tengah menghadapi pergeseran besar. Lalu pada akhirnya mereka bakal mengubah dinamika Feed untuk lebih banyak merekomendasikan konten rekomendasi berbasis kecerdasan buatan (AI).

Tapi pergeseran Feed ke konten yang direkomendasikan kemungkinan bisa menjadi masalah untuk Meta. Saat ini algoritma rekomendasi konten itu nyatanya malah menyebarkan banyak misinformasi dan menimbulkan perpecahan.

Komentar