facebook

Kemkominfo Dibantu Kemendagri untuk Verifikasi Data Penerima STB Gratis

Liberty Jemadu
Kemkominfo Dibantu Kemendagri untuk Verifikasi Data Penerima STB Gratis
Kominfo mengaku sedang mengonsolidasikan data penerima STB gratis dengan Kemendagri. Foto: Set Top Box buatan Polytron. [Dok Polytron]

Kementerian Kominfo sedang mengonsolidasikan data penerima STB gratis dengan Kemendagri.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan bantuan dari Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan verifikasi data penerima Set Top Box atau STB gratis untuk mengakses siaran tv digital.

Plt. Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail mengatakan bahwa pihaknya sedang mengonsolidasikan data penerima STB gratis dengan Kemendagri. Sebelumnya data-data penerima STB gratis diperoleh Kominfo dari Kementerian Sosial.

"Jadi kita dapat bantuan dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa dan sedang dilakukan konfirmasi langsung ke desa- desa. Kemarin itu kan data kami dari Kementerian Sosial, nah data itu sedang diverifikasi oleh pemerintahan desa," jelas Ismail seperti dilansir dari Antara, Rabu (29/6/2022).

Migrasi siaran TV analog ke digital atau ASO merupakan program nasional yang masuk dalam tahap pengimplementasian pada 2022 dan sudah ada delapan kabupaten yang mulai merasakan siaran TV digital dan tak lagi menggunakan spektrum siaran TV analog.

Baca Juga: PUBG Mobile dan Mobile Legends Terancam Diblokir Kominfo, Free Fire Aman

Adapun delapan kota dan kabupaten yang terdiri dari Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Dalam ASO perdana, Pemerintah melalui Kementerian Kominfo sudah memberikan bantuan sebanyak 87.000 perangkat Set Top Box (STB) yang merupakan perangkat untuk mengkonversi dan memungkinkan TV analog menerima siaran TV digital.

Bantuan STB itu diberikan kepada masyarakat miskin yang tentunya kesulitan untuk membeli TV digital. Adapun multiple ASO di Indonesia mulai berlangsung sejak 30 April 2022 dan ditargetkan rampung di 2 November 2022.

Komentar