facebook

Minat Bangun Bisnis Online, Perlu Cakap Bermedia Digital

Dythia Novianty
Minat Bangun Bisnis Online, Perlu Cakap Bermedia Digital
Ilustrasi e-commerce. (pexels)

Jualan Online di Lokapasar (e-commerce) punya berbagai keunggulan seperti biaya operasional lebih efektif dan efisien.

Suara.com - Pengguna internet terus meningkat dibanding tahun sebelumnya. Menurut BPS, subindeks keahlian memiliki skor paling rendah.

Perlu lagi untuk masyarakat Indonesia mengakses data dan informasi dari berbagai platform digital (Katadata Insight Center & Kemenkominfo 2020).

Cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami dan menggunakan perangkat keras dalam lanskap digital.

"Lanskap digital mengetahui dan memahami fungsi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam mengakses dunia digital. Pengetahuan dasar operasikan perangkat lunak dan aplikasi seperti pengetahuan dasar system operasi, dasar aplikasi dan internet,” terang Chyntia Andarinie Social Media Specialist, Founder of Mom Influencer Indonesia.

Baca Juga: DJP Sudah Kumpulkan Rp 7,1 Triliun Pajak Digital

Jualan Online di Lokapasar (e-commerce) punya berbagai keunggulan seperti biaya operasional lebih efektif dan efisien, toko dapat beroperasi 24 jam, potensi pasar luas hingga ke internasional, tidak perlu toko offline dan mudah transaksi.

Alat transaksi daring ada beragam seperti transfer bank, COD, pembayaran di tempat, pembayaran luring, kartu debit, kartu kredit dan yang berkembang adalah e-money dan dompet digital.

Ilustrasi e-commerce (Unsplash/Mark Konig)
Ilustrasi e-commerce (Unsplash/Mark Konig)

Cakap bertransaksi digital masyarakat baik sebagai penjual dan pembeli, harus mengenali fitur yang tersedia, memastikan perangkat digital aman, memberikan dan mengakses layanan bantuan yang disediakan e-commerce.

Kita harus pahami perangkat lunak yang Menyusun lanskap digital apabila ingin mencapai kecakapan digital.

Selain itu, kita juga diharapkan untuk memilah serta verifikasi informasi dan mengenal ekosistem transaksi daring seperti dompet digital, lokapasar serta transaksi digital dengan lebih baik.

Baca Juga: Survei: Wawasan Masyarakat soal TV Digital Semakin Meningkat

Sebelum memulai berjualan di lokapasar, harus menguatkan modal kecakapan digital, adaptasi dengan perkembangan transformasi digital.

Komentar