Google News Initiative Kembangkan Startup Media Digital di Indonesia

Liberty Jemadu
Google News Initiative Kembangkan Startup Media Digital di Indonesia
Google News Initiative (GNI) akan menggelar program pengembangan startup media digital di Indonesia. Foto: Ilustrasi perusahaan rintisan atau startup (Shutterstock).

GNI, Echos dan SMSI akan berkolaborasi untuk mendukung startup media digital di Indonesia.

Suara.com - Google News Initiative (GNI) pada pekan ini mengumumkan program pengembangan startup media digital di Indonesia. Program ini digelar dengan menggandeng lab Echos dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)

Dalam siaran pers yang diterima Senin (15/8/2022), GNI menerangkan bahwa kemitraan dengan Echos sebagai lab inovasi global dan SMSI mendukung liputan berkualitas untuk komunitas lokal, kelompok audiens spesifik, dan/atau masyarakat yang kurang terlayani.

"Di program ini, startup berita digital akan menemukan cara memahami audiens mereka dengan lebih baik, mempelajari strategi sukses dan inovatif," beber GNI dalam keterangannya.

Selain itu, startup-startup media global yang mengikuti program ini akan mendapatkan akses diskusi dengan mentor dari Google, Echos, dan SMSI, serta bisa memberikan kontribusi pada evolusi jurnalisme nasional.

Baca Juga: Perkembangan Media Digital Masif, Diperlukan Pemahaman Masyarakat Tinggi

Dengan program GNI Startups Lab Indonesia, GNI dan Echos mengadakan program selama 16 minggu yang secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan startup konten di Indonesia bagi organisasi berita digital yang masih berada pada tahap awal dalam pembuatan konten digital asli.

Organisasi berita akan mendapatkan manfaat dari keahlian Echos dalam mendukung startup media dengan design thinking dan didukung oleh jaringan luas SMSI, serta komunitas-komunitas aktif di Indonesia yang juga akan mengadakan lokakarya, pelatihan, dan peluang networking dengan figur-figur ternama.

Penerimaan aplikasi untuk GNI Startups Lab Indonesia 2022 telah dibuka bagi pendiri organisasi berita atau bagian dari organisasi berita digital yang sedang merintis.

Komentar