facebook

Dikira Malas Belajar, Alasan Siswa Ini Jarang Masuk Sekolah Bikin Mewek

Lintang Siltya Utami
Dikira Malas Belajar, Alasan Siswa Ini Jarang Masuk Sekolah Bikin Mewek
Ilustrasi sekolah dasar [Antara]

Sempat dikira malas belajar, namun siswa ini memiliki alasan menyedihkan mengapa jarang ke sekolah.

Suara.com - Belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap siswa di sekolah. Namun belakangan, viral di media sosial seorang siswa lelaki yang jarang masuk ke sekolah.

Salah satu guru yang mengajar di sekolah tersebut awalnya mengira bahwa siswanya malas belajar dan hal itu menjadi alasan mengapa siswa lelaki itu jarang masuk sekolah. Namun rupanya, ada alasan menyedihkan di balik absennya murid tersebut.

Dalam video yang dibagikan kembali oleh akun Instagram video_medsos pada 19 September, terekam seorang guru perempuan yang tengah memeluk siswa lelaki. Siswa tersebut tampak menangis tersedu-sedu sambil berusaha menutup wajahnya menggunakan telapak tangan.

Guru tersebut rupanya mendatangi siswanya karena anak lelaki tersebut telah lama tidak masuk sekolah. Ia mengira bahwa muridnya enggan masuk ke sekolah karena malas belajar.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Harus Berpikir Dulu Sebelum Bicara, untuk Penilaian Diri!

Namun, ternyata siswa lelaki itu merindukan sosok ibunya setelah kehilangan sang ibu untuk selamanya. Siswa tersebut mengaku rindu dibangunkan saat pagi hari oleh ibunya. Hal itu yang membuatnya jarang pergi ke sekolah.

Mendengar pengakuan dari siswanya seperti itu membuat guru tersebut tidak kuasa menahan tangis.

"Awalnya ibu kira kamu jarang masuk sekolah karena memang malas atau ada faktor lain, karena tidak sedikit yang bilang kalau kamu ada di rumah terus. Air mata ibu benar-benar pecah begitu kamu ceritain apa yang kamu rasa dan alasan kamu jarang masuk sekolah," tulis guru tersebut dalam keterangan pada videonya.

Sang guru terlihat merangkulnya sambil memberikan nasihat dan kata-kata penyemangat.

"Terlalu berat beban yang kamu pikul nak, sabar ya sayang. Kehidupan ini harus teteap berjalan meski ibu tahu bagaimana rasanya kehilangan," tambah gurunya.

Baca Juga: Selain Tidak Nyaman, Ini 4 Alasan Mengapa Seseorang Tidak Suka Dibandingkan

Selain itu, rupanya siswa tersebut juga harus menjaga adiknya di rumah. Dalam keterangan, perempuan itu mengatakan bahwa anak muridnya bisa membawa adiknya ke sekolah, asalkan ia masih mau terus belajar.

"Ibu juga nggak keberatan kalau kamu ke sekolah bawa adek, yang penting kamu harus sekolah nak, untuk meraih cita-cita kamu menjadi seorang tentara. Ibu sayang kamu nak," tutupnya.

Viral siswa yang tidak mau ke sekolah, alasannya bikin mewek. (Instagram / @video_medsos)
Viral siswa yang tidak mau ke sekolah, alasannya bikin mewek. (Instagram / @video_medsos)

Unggahan yang telah disukai sebanyak lebih dari 2.000 kali oleh sesama pengguna Instagram itu pun menuai beragam komentar. Tak sedikit pengguna lainnya yang ikut merasa sedih dan mewek karena alasan siswa tersebut jarang pergi ke sekolah.

"Disuruh menjadi dewasa sebelum waktunya," tulis akun kuncen.drazat

"Ya Allah, ikut nyesek," tambah zulfa2435

"Bu, aku ikut nangis. Pagi-pagi mewek," komentar byenk_yusniar

"Sumpah, ikutan nangis. Dulu sekolah temen-temen dianterin ibunya, ditungguin di sekolahan, sedangkan aku cuma sendiri. Kadang iri," ungkap tikka_tikku

"Dunia tak ada artinya jika ibu sudah tiada," sahut rachmantezar

Komentar