Kakek Penjual Mainan Menangis Diberi Uang Rp 50 Ribu, Curhat Belum Laku dan Tak Punya Lapak Sendiri

Lintang Siltya Utami
Kakek Penjual Mainan Menangis Diberi Uang Rp 50 Ribu, Curhat Belum Laku dan Tak Punya Lapak Sendiri
Ilustrasi kakek tua. (bruce lam / Pixabay)

Seorang kakek penjual mainan menangis saat diberi uang Rp 50.000 lantaran jualannya yang tak laku.

Suara.com - Seorang kakek penjual mainan anak viral di media sosial karena menangis saat diberi uang Rp 50.000 akibat barang dagangannya sulit laku. Kakek yang diketahui bernama Sholihin tersebut tak sengaja dijumpai oleh warganet di sebuah area pasar di Medan.

Dalam video yang dibagikan oleh akun TikTok alikaaa4444 pada 26 September, terekam seorang kakek berusia 85 tahun yang sedang duduk di sebelah lapak milik orang lain untuk berjualan mainan anak.

Kakek berusia senja tersebut menjajakan mainan tradisional untuk anak-anak, seperti kerajinan tangan berbentuk lele dan mainan karet berbentuk hewan yang dibanderol dengan harga Rp 5.000.

Namun sayang, saat ini sangat jarang anak-anak yang tertarik dengan jenis mainan seperti itu karena perubahan zaman. Alhasil, kakek Sholihin tidak bisa mengantongi banyak uang dari berjualan mainan.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Wattpad, Auto Cuan Sambil Rebahan

Lelaki tua itu mengaku bahwa barang dagangannya sering tidak laku. Biasanya, paling banyak sehari hanya terjual dua buah mainan. Ia terpaksa sering pulang dengan tangan kosong.

"Jualannya tidak laku, kakek 85 tahun menangis. Kakek Sholihin sehari-hari berjualan menumpang di emperan lapak milik orang lain. Jualan kakek sangat jarang laku karena memang mainan yang kakek jual sudah tidak diminati lagi," tulis pemilik akun.

Pemilik akun bersama dengan temannya pun telah memperhatikan kakek Sholihin sejak siang untuk melihat apakah ada orang yang membeli mainan tersebut. Namun sayang, tidak ada seorang pun yang menghampiri kakek.

Pemilik akun lalu menberanikan diri untuk memberikan uang Rp 50.000 kepada kakek Sholihin. Mendapat uang tersebut, kakek tua itu tak kuasa menahan tangis hingga tangannya bergetar dan menciumi lembar uang tersebut.

"Kami beranikan untuk memberikan kakek uang, walau hanya Rp 50.000. Setelah menerima uang, seketika kakek langsung nangis dan mencium uang yang diberikan," tambah pemilik akun.

Baca Juga: Cara Menukar Koin Shopee Jadi Uang Cash, Trik Rahasia yang Jarang Diketahui

Kakek Sholihin mengaku akan menggunakan uang tersebut untuk membeli beras. Lelaki tua itu terlihat sangat bersyukur dan berterima kasih kepada warganet karena pemberiannya.

Kakek penjual mainan yang menangis saat diberi uang Rp 50.000. (TikTok / @alikaaa4444)
Kakek penjual mainan yang menangis saat diberi uang Rp 50.000. (TikTok / @alikaaa4444)

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 2,5 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 356.600 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

Tak sedikit warganet lain yang meminta pemilik akun untuk membuka donasi. Permintaan tersebut disanggupi oleh pemilik akun. Hingga kini, donasi yang terkumpul untuk kakek Sholihin sebesar Rp 3,2 juta dan kemungkinan besar akan terus bertambah.

"Tatapan kakeknya bikin aku nangis," tulis akun miraz7880

"Kalau nggak beli, setidaknya ada pejalan kaki yang memberi uang. Kakek pasti bahagia, seharian duduk pasti lapar," komentar ony.chan2

"Open donasi kak, please. Nanti dananya sebagian buat modal kakek berganti jualan yang sekiranya bakal lumayan laku, ntar jualan jajanan atau apapun itu," tambah siputsheyput

"Nangis sesegukan aku. Semoga kakek sehat selalu dan dilimpahkan rezekinya," ungkap me.sgtrs

"85 tahun masih berjuang bertahan hidup ya Allah, mudahkanlah rezeki bagi mereka yang memang sudah dalam keterbatasan," sahut dewiwulandari2186