Dokumen Internal Sony Ungkap Kapan Peluncuran PS6

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Dokumen Internal Sony Ungkap Kapan Peluncuran PS6
Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Sony diperkirakan segera merilis konsol PlayStation 6 atau PS6 pada 2027 mendatang.

Suara.com - Sony diperkirakan segera merilis konsol PlayStation 6 atau PS6 pada 2027 mendatang. Ini adalah konsol generasi berikutnya setelah PS5 yang dikenalkan 12 November lalu.

Hal ini terungkap lewat dokumen internal dari PlayStation Lifestyle. Dalam file berjudul Sony Interactive Entertainment Observations on the CMA's issue statement, tanggal peluncuran PS6 bisa terjadi pada 2027 nanti.

Mengutip Livemint, Jumat (2/12/2022), dokumen itu sendiri membahas akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard. Activision sendiri adalah perusahaan yang menerbitkan game Call of Duty, di mana permainan itu eksklusif untuk konsol PlayStation Sony.

Namun, Sony menantang akuisisi tersebut karena Microsoft Xbox adalah adalah pesaing PlayStation. Peralihan itu memungkinkan Call of Duty menjadi eksklusif untuk Microsoft Xbox.

Baca Juga: Tiko Bu Eny Main Game Pakai PS5 Pemberian Jhon LBF, Namun Bisnis Jual-Beli Mobil dan Motor Bekas Masih Sorangan Wae

“Pada saat SIE (Sony Interactive Entertainment) meluncurkan generasi berikutnya dari konsol PlayStation, yang kemungkinan terjadi pada (tanggal disembunyikan), itu akan kehilangan akses ke Call of Duty dan judul Activision lainnya," tulis dokumen tersebut.

Sony juga menganggap kalau itu membahayakan konsumen dan memperlebar jarak untuk persaingannya dengan Microsoft.

Logo PlayStation dalam sebuah pameran game di Tokyo, Jepang pada September 2019. [AFP/Charly Triballeau]
Logo PlayStation. [AFP/Charly Triballeau]

Perusahaan asal Jepang itu berasumsi apabila mereka memang bisa membuat game COD sejenis, maka itu akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan biaya miliaran dolar.

Meskipun bakal tersedia 2027, kemungkinan Sony membutuhkan waktu lama untuk meluncurkan PS6. Pasalnya jarak peluncuran PS4 ke PS5 memerlukan waktu hingga tujuh tahun.

Sony memperkenalkan PS4 ke publik pada 2013. Sementara PS5 dirilis 2020.

Baca Juga: Sosok Sony Rizal Taihitu, Warga Bekasi yang Tewas Mengenaskan di Depok Dikenal Humoris