Perbedaan Layar IPS, AMOLED, dan Super AMOLED yang Harus Diketahui

Lintang Siltya Utami
Perbedaan Layar IPS, AMOLED, dan Super AMOLED yang Harus Diketahui
Samsung Galaxy Z Fold4 yang telah menggunakan layar Super AMOLED. [Samsung]

Perbedaan layar IPS, AMOLED, dan Super AMOLED.

Suara.com - Layar merupakan bagian penting dari sebuah perangkat, baik smartphone, tablet, hingga laptop. Saat ini, banyak jenis layar yang digunakan oleh produsen teknologi, seperti IPS, AMOLED, dan Super AMOLED. Namun, tidak semua pengguna mengetahui perbedaan masing-masing layar.

Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui perbedaan layar IPS, AMOLED, dan Super AMOLED sebelum membeli perangkat.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini perbedaan layar IPS, AMOLED, dan Super AMOLED yang harus diketahui pengguna:

1. IPS

Baca Juga: Tes Psikologi: Apa Tingkat Kebahagiaan Anda? Jika Mengetahui Berapa Banyak Perbedaan pada Gambar, Semuanya akan Terungkap

Itu adalah nama yang diberikan untuk layar LCD yang menggunakan panel in-plane switching (IPS). Layar LCD menggunakan lampu latar untuk menghasilkan cahaya untuk semua piksel dan setiap rana piksel dapat dimatikan untuk mempengaruhi kecerahannya.

IPS LCD diciptakan untuk mengatasi masalah yang datang dengan tampilan TFT LCD (thin-film transistor) untuk mendukung sudut pandang yang lebih luas dan warna yang lebih baik.

2. AMOLED

AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) adalah teknologi yang lebih baru dari IPS LCD. Pada intinya, AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis.

Kecerahan ditentukan oleh kekuatan elektron yang mengalir, sedangkan warna diatur oleh dioda pemancar merah, hijau, dan biru yang tertanam di layar. Teknologi AMOLED yang sering digunakan saat ini adalah Super AMOLED.

Baca Juga: Poco X5 Pro di Perkirakan Bakal Jadi Smartphone Dengan Chipset Snapdragon 778G Termurah di Pasaran

3. Super AMOLED