alexametrics

3 Manfaat Soda Api untuk Rumah Tangga

Angelina Donna
3 Manfaat Soda Api untuk Rumah Tangga
Ilustrasi (flickr/rumahku)

Soda api bisa digunakan untuk membersihkan pipa saluran yang mampet karena kotoran

Soda api atau natrium hidroksida biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam produksi kertas, detergen, bubur kayu, dan sebagainya. Namun tahukah Anda, jika ternyata soda api bisa juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga?

Nah, berikut ini informasi lengkapnya:

1. Melancarkan Saluran yang Mampet

Soda api bisa digunakan untuk membersihkan pipa saluran yang mampet karena kotoran. Sifatnya yang keras mampu melarutkan material yang menghambat saluran pipa pada wastafel, kloset, atau salural lainnya. Namun, Anda harus menggunakan sarung tangan saat menggunakannya agar kulit tangan Anda tidak terkena soda api. 

2. Bahan Pembersih Noda

Jangan khawatir menghadapi noda membandel di rumah. Dengan menggunakan soda api, noda tersebut bisa dengan mudah Anda singkirkan. Cara membersihkannya adalah dengan melarutkan soda api dengan air bersih, kemudian Anda basuhkan pada noda yang membandel. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan soda api karena bisa merusak permukaan benda yang Anda bersihkan.

3. Sebagai Bahan Pelarut Cat

Soda api juga bisa digunakan untuk melarutkan cat yang sifatnya keras. Misalnya, saat Anda ingin mengecat ulang kendaraan Anda, maka Anda bisa menggunakan soda api untuk mengelupaskan terlebih dahulu cat yang lama pada kendaraan. Baru kemudian Anda mengecat dengan warna yang baru. Selain itu, Anda juga bisa menerapkannya pada benda-benda lainnya di rumah, jika Anda ingin mengganti warna dinding atau furnitur.

Published by